ADVERTISEMENT

5 Fakta Sri Asih, Jagoan Pertama Indonesia Ciptaan RA Kosasih

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 07 Jul 2022 08:03 WIB
Webtoon Sri Asih
Foto: Bumilangit/ Istimewa
Jakarta -

Nama Sri Asih begitu melekat di benak pencinta jagoan Tanah Air. Sebelum Marvel dan DC populer, Indonesia sudah mengenal berbagai jagoan yang membuat nama mereka melegenda di ranah komik hingga adaptasi layar lebar.

Kemarin, Jagat Sinema Bumilangit meluncurkan teaser trailer dari film Sri Asih yang diperankan oleh Pevita Pearce. Gara-gara bocoran film yang disutradarai oleh Upi itu, nama Sri Asih kembali mencuat.

Nah, sambil menikmati teaser trailer Sri Asih yang sudah ditunggu sejak dua tahun terakhir, baca dulu 5 fakta soal Sri Asih ciptaan RA Kosasih yuk:

1. Jagoan Pertama Indonesia

Karakter Sri Asih merupakan karya pertama dari komikus RA Kosasih yang kini dikenal sebagai Bapak Komik Indonesia. Kehadiran komik Sri Asih kala itu membuat tonggak bersejarah di Tanah Air.

Komik Sri Asih pertama kali terbit 1 Januari 1954 di Majalah Komik lalu diterbitkan penerbit Melodie di Bandung. Sebelum terbit secara resmi, RA Kosasih sudah mempopulerkan jagoannya sejak tahun 1953.

2. Inspirasi Jagoan Sri Asih

RA Kosasih melakukan beragam riset untuk membuat karakter rekaannya seperti jagoan betulan. Ia terinspirasi dari jelmaan Dewi Kesuburan yang dari Tanah Sunda bernama Dewi Sri.

Sri Asih ini nama aslinya dalam komik adalah Nani Wijaya. Sang komikus menggambarkannya sebagai perempuan Sunda yang bekerja untuk agen kriminal dan investigasi yang punya kekuatan super.

Dalam ceritanya, Sri Asih punya dua kepribadian yakni perempuan ramah nan lugu yang terkadang dianggap remeh oleh teman-temannya. Tapi ketika dia mengucapkan nama 'Dewi Asih', dia akan berubah menjadi seorang jagoan.

3. Kekuatan Sri Asih

Sri Asih punya kemampuan titisan Wisnu yang bisa menggandakan dan memperbesar tubuhnya. Dia juga disebut bisa terbang.

Tubuhnya juga kebal terhadap banyak senjata tajam dan kuat seperti 250 pria dewasa.

(Baca halaman berikutnya soal fakta ke-4 dan ke-5 dari Sri Asih)

Simak Video 'Rilis Teaser Trailer, Film Sri Asih Trending di Twitter':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT