ADVERTISEMENT

Round-Up

Usai Bikin Heboh, Rusun Mangkrak Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2 Ditutup

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 09 Agu 2022 05:29 WIB
Rusun mangkrak film Pengabdi Setan/Shafira Cendra Arini=detikcom
Rusun mangkrak lokasi syuting film Pengabdi Setan 2. Shafira Cendra Arini/detikcom
Jakarta -

Bicara tentang film Pengabdi Setan, maka hal yang terlintas adalah lokasinya. Pada film sebelumnya mereka mengambil lokasi rumah tua, kali ini Joko Anwar memilih sebuah rusun di kawasan Sumber Arta, Bekasi.

Rusun yang terletak di belakang pasar Sumber Arta itu menjadi lokasi syuting film horor yang dibintangi Tara Basro hingga Ratu Felisha itu. Sebelumnya tak diungkap letak dan nama rusun tersebut, tapi beberapa konten kreator membocorkannya di media sosial dan menjadi heboh.

Banyak warga yang datang ke sana untuk sekadar berfoto-foto ataupun membuat konten. Hal ini pun membuat pihak pengelola memilih untuk menutup rusun tersebut.

"Ramai orang Jumat, Sabtu dari Minggu orang-orang pada rame, keramaian Jumat, Sabtu ramai banget. Jadi koordinator nggak dibolehin masuk, takutnya pada kesurupan soalnya nggak ada penghuninya," kata seorang petugas parkir.

Sementara itu pihak keamanan di sana menjelaskan pengelola rusun merasa kesal dengan fenomena viralnya bangunan tersebut.

Bahkan ia menolak untuk diwawancarai terkait tempat tersebut.

"Sudah nggak boleh lagi ke rusun. Begitu kata bos saya. Nggak bisa ngobrol-ngobrol juga," kata seorang petugas sambil marah ditemui di lokasi.

Sebelumnya pengunjung datang ke sana untuk menebus rasa penasaran setelah menonton film Pengabdi Setan 2 hingga yang ingin membuat konten media khusus. Sayangnya, para pengunjung itu tidak diizinkan untuk naik ke lantai atas.

"Habis tayangnya itu tanggal 4, besoknya ramai orang-orang pada ke sini. Pas itu orang bisa naik ke atas," ujar salah satu pengunjung wanita kepada detikcom.

Ia mengatakan, saat ini pengunjung sudah dilarang untuk naik ke atas. Salah satu alasannya karena keamanan dari pondasi bangunan gedung itu sendiri yang telah mangkrak selama 11 tahun.

"Katanya juga dulu pernah ada kejadian, jadi takut ada apa-apa makanya dilarang naik. Daripada kemasukan," terangnya.

Rusun mangkrak itu ternyata merupakan bekas program 1.000 tower yang digagas Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) atau yang saat ini digabung menjadi Kementerian PUPR atau dibangun di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Rusun itu dibangun dalam rangka program 1.000 tower Kemenpera. Deputi Formal Kemenpera saat itu mendata untuk memberikan rekomendasi rusun mana saja yang bisa masuk ke dalam Program Rusunami 1.000 Tower," kata Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, Minggu (7/8/2022) seperti dikutip detikNews.

Lihat video 'Ngeri! Lokasi Syuting Film Pengabdi Setan 2 di Rusun Terbengkalai':

[Gambas:Video 20detik]



(ass/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT