ADVERTISEMENT

Sisi Gelap MCU: Bayaran Rendah Buat Pencipta Karakter Komik Marvel

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 23 Jul 2022 12:04 WIB
SAN DIEGO, CALIFORNIA - JULY 20: The Marvel Cinematic Universe Phase Four is announced with cast members during the Marvel Studios Panel during 2019 Comic-Con International at San Diego Convention Center on July 20, 2019 in San Diego, California. (Photo by Kevin Winter/Getty Images)
Foto: Marvel fase 4 (Photo by Kevin Winter/Getty Images)
Jakarta -

Di balik gemerlap Marvel Cinematic Universe, rupanya ada pihak-pihak yang merasa dirugikan dari penampilan para superhero adaptasi komik yang ditampilkan di layar. Mereka adalah para kreator dari tokoh-tokoh dari Marvel Comics yang kabarnya mendapat bayaran rendah buat adaptasi karakter buatan mereka.

Kreator Yelena Belova dari film Black Widow, Devin Grayson, yang mengaku mendapat bayaran rendah dari Marvel buat penampilan Yelena Belova di film standalone pertama Black Widow tersebut. Ditulis oleh The Hollywood Reporter, Devin Grayson hanya mendapatkan bayaran US$5.000 saja dari Marvel dan angka ini jauh lebih rendah dari yang dijanjikan.

Devin Grayson tidak menciptakan karakter Yelena Belova sendiri, tentu saja. Dia bersama ilustrator J.G. Jones memperkenalkan karakter ini di tahun 1999 dan baru debut di MCu pada tahun 2021. Di layar, Yelena Belova diperankan aktris Florence Pugh.

Setelah berakhirnya fase 3, peran Yelena Belova di MCU terbilang besar. Setelah film Black Widow, Yelena Belova muncul lagi di serial Hawkeye.

Diakui oleh Devin Grayson, dia dan ko-kreatof J.G. Jones menandatangani kontrak senilai US$25.000 yang akan dibayarkan kepada mereka masing-masing buat penampilan Yelena Belova di MCU. Namun uang yang masuk hanya US$5.000 saja. Marvel disebut tidak memberikan penjelasan lebih lanjut soal pengurangan bayaran tersebut.

Berkurangnya pembayaran yang diterima Devin Grayson disebut-sebut datang dari sistem kontrak yang rumit dari Marvel. Dalam klaimnya, Marvel menyebut bahwa bayaran yang seharusnya didapatkan oleh Devin Grayson (yakni US$25.000) harus dibagi buat para kreatior komik yang lain.

Di sisi lain, Marvel juga punya peraturan yang dianggap merugikan para kreator komik buat karakter-karakter yang tampil di MCU. Seorang sumber menyebut bahwa Marvel hanya akan membayar para kreator dengan jumlah besar dan utuh apabila karakter buatan mereka tampil paling tidak 15% dari total durasi film.

Apabila penampilan mereka kurang dari 15%, maka penampilan itu akan dianggap sebagai cameo, dan para kreator tidak akan dibayar penuh.

Sebagai contoh, dikutip dari Screenrant, di film Captain America: Civil War, Bucky (Winter Soldier, diperankan oleh Sebastian Stan) hanya muncul di layar selama 22 menit dari total durasi 2 jam 28 menit film tersebut. Hal ini tidak masuk ke dalam kriteria 15% durasi film dalam kontrak Marvel sehingga penampilan Bucky di sana dianggap sebagai cameo saja.

Tidak peduli apakah Bucky punya peran besar buat cerita keseluruhan filmnya, selama durasi penampilannya di bawah 15% maka bayaran yang didapatkan kreator komik tidak akan utuh dan lebih rendah.



Simak Video "Marvel Studios Exhibition: Destinasi Wajib Penggemar Marvel"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT