ADVERTISEMENT

Monty Norman, Komposer Musik Tema James Bond Meninggal Dunia

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 12 Jul 2022 16:20 WIB
English actress and singer Diana Coupland (1932 - 2006) with singer and composer Monty Norman in London, after the couple announced their engagement, 26th November 1955. Norman is best known for composing the signature theme tune for the James Bond films. (Photo by Topical Press Agency/Hulton Archive/Getty Images)
Foto: Getty Images/Topical Press Agency
Jakarta -

Komposer Inggris Monty Norman, sosok yang dikenal menciptakan musik tema ikonik film James Bond, meninggal dunia pada 11 Juli 2022. Hal itu diumumkan secara resmi lewat situs sang komposer.

"Dengan kesedihan mendalam kami mengumumkan Monty Norman meninggal dunia pada 11 Juli 2022 setelah mengalami sakit," bunyi pesan di website tersebut.

Monty Norman meninggal dunia di usia 94 tahun.

Karier Monty Norman sebagai komposer dimulai jauh sebelum dia ikut ambil bagian dalam proyek film James Bond Dr. No di tahun 1962. Dia digaet oleh produser Cubby Broccoli yang sebelumnya pernah bekerja sama dengannya di musikal Belle.

Monty Norman lalu menandatangani kontrak dengan produser film James Bond buat menggarap musiknya. Untuk itu, dia diterbangkan ke Jamaika secara khusus buat menyaksikan proses syuting Dr. No.

Musik yang digarap Monty Norman buat James Bond diadaptasi dari musik V.S. Naipaul yang berjudul A House for Mr. Biswas dengan beberapa variasi yang hadirkan. Hasilnya kemudian digunakan di 25 film James Bond yang dirilis sejak 1962.

Perjalanan Monty Norman buat musik James Bond ini tidak mulus. Dia pernah menggugat koran Sunday Times, karena menulis bahwa musik tersebut dikomposisi oleh John Barry. Gugatan itu dilayangkan pada tahun 1997 dan kemudian dinyatakan menang di tahun 2001. Untuk itu, dia mendapat uang ganti rugi 30 ribu poundsterling.

Monty Norman lahir dengan nama Monty Noserovitch pada 4 April 1928 di East End London. Norman sudah mendalami musik sejak usia 16 tahun memainkan instrumen gitar. Di masa mudanya, dia banyak main dengan band dan komedian hingga terlibat dalam produksi musikal di era tahun 1958 hingga 1960.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT