Tron 3 Batal Diproduksi Disney Gegara Marvel dan Star Wars

ADVERTISEMENT

Tron 3 Batal Diproduksi Disney Gegara Marvel dan Star Wars

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 04 Jun 2022 06:00 WIB
Tron: Legacy
Foto: dok. Disney
Jakarta -

Tron: Legacy jadi salah satu film box office arahan sutradara Joseph Kosinki yang mendatangkan ratusan juta dolar buat Disney di tahun 2010. Namun sayangnya pendapatan itu tidak bisa meyakinkan Disney buat menjadikan Tron sebagai waralaba kala itu. Joseph Kosinki membeberkan alasannya.

Joseph Kosinki kini tengah dalam masa promosi film terbarunya Top Gun: Maverick. Disney menggaet Joseph Kosinki buat menyutradarai Tron: Legacy yang tayang pada tahun 2010. Sebenarnya setelah kesuksesan film itu sudah ada rencana buat membuat sekuelnya atau Tron 3 namun dengan sutradara berbeda.

Harapan fans sempat dibuat tinggi untuk kehadiran sekuel dari Tron: Legacy. Terlebih belum lama ini sempat beredar kabar bahwa proyek Tron bakal berlanjut bareng Jared Leto dan disutradarai oleh Garth Davis.

Joseph Kosinki kemudian membocorkan sebuah fakta baru. Di tahun 2015, Disney secara resmi membatalkan proyek sekuel Tron buat sebuah alasan yang menurutnya cukup bisa dimengerti.

"Sudah nyaris (diproduksi). Aku benar-benar berusaha. Di 2015, proyeknya nyaris berjalan, tapi Disney membatalkannya. Aku sudah membuat storyboard dan ceritanya. Saat itu aku sangat bersemangat," beber Joseph Kosinki dalam wawancara dengan Vulture dikutip Sabtu (4/6/2022).

"Semua berbeda di tahun 2015. Ketika aku memproduksi Tron: Legacy, Disney belum punya Marvel. Mereka belum punya Star Wars. Kami (Tron) adalah fantasi dan fiksi ilmiah milik Disney. Dan ketika kau sudah punya hal lain di bawah payungmu, masuk akal sekali kalau Disney akhirnya menggelontorkan uang buat sebuah properti yang terkenal, bukan karya mahasiswa seni yang aneh dengan kuku hitam seperti Tron. Sama sekali tak masalah," lanjut Joseph Kosinki.

Rencananya Tron 3 diberi judul Tron: Ascension. Joseph Kosinki menyebut film ini sebagai sebuah film invasi dari dunia grid ke dunia nyata. Sayangnya perwujudan dari film ini belum bisa dilihat fans karena Disney memilih berjalan di jalur berbeda.

Namun di sisi lain, Disney sukses dengan proyek-proyek Marvel Studios (MCU) dan Star Wars. Avengers: Endgame jadi salah satu film terlaris sepanjang masa, dan fase terbaru dari MCU sedang berjalan saat ini. Star Wars hadir dengan membawa banyak spinoff buat Disney+ juga seperti yang sedang tayang Obi-Wan Kenobi.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT