ADVERTISEMENT

Tom Cruise Pecahkan Rekor Pribadi Lewat Top Gun: Maverick

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 30 Mei 2022 13:48 WIB
Cuplikan adegan di film Top Gun: Maverick.
(Foto: Dok. Paramount Pictures) Top Gun: Maverick sukses memecahkan rekor pendapatan film Tom Cruise di pekan pertama.
Jakarta -

Top Gun: Maverick baru tayang beberapa hari di bioskop Amerika Utara dan sudah disambut positif oleh penonton. Sejak pemutaran buat kalangan terbatas, film ini memang sudah mencuri perhatian dan mendapat ulasan positif dari penonton hingga kritikus. Kini Top Gun: Maverick sukses memecahkan rekor pendapatan film Tom Cruise di pekan pertama.

Pendapatan Top Gun: Maverick terbilang di luar prediksi sebelumnya. Film ini berhasil meraih US$124 juta (sekitar Rp1,8 triliun) hanya dari penayangan tiga hari pertamanya saja. Ini sudah termasuk pendapatan sekitar Ro19,3 juta dari pemutaran spesial satu hari sebelum tayang nasional.

Hingga hari keempat penayangannya, Top Gun: Maverick telah meraup US$151 juta atau sekitar Rp2,19 triliun. Pendapatan ini menjadikan Top Gun: Maverick berada di tempat kedua untuk film dengan pendapatan tertinggi di hari pemutaran Memorial Day setelah Pirates of the Caribbean: At World's End pada 2007 yang berhasil meraup US$153 juta.

Pendapatan di Amerika Utara tersebut masih belum termasuk dengan perolehan box office dari pemutaran internasional. Top Gun: Maverick sudah tayang di berbagai negara termasuk Indonesia dan di akhir pekan pertamanya, film ini meraup US$124 juta dari bioskop internasional. Ditambah dengan pendapatan di Amerika Utara dan pemutaran hari keempat, Top Gun: Maverick sudah mengantongi lebih dari US$275 juta.

Dengan pendapatan tersebut, Top Gun: Maverick menjadi film kedua dari Paramount Pictures yang mendapat penghasilan tinggi dari pemutaran seluruh dunia setelah Transformers: Age of Extinction. Namun yang pasti Top Gun: Maverick jadi film dengan pendapatan tertinggi dari Tom Cruise di pemutaran akhir pekan pertamanya setelah Mission: Impossible - Fallout yang meraup US$62 juta pada 2018.

Tom Cruise bersikeras untuk Top Gun: Maverick hanya di bioskop dan itu bukanlah keputusan yang main-main. Film ini memang dibuat khusus untuk disaksikan di layar besar terlebih kalau bisa menyaksikannya di IMAX. Pengalaman menonton di IMAX membuat adegan terbang dengan pesawat tempur jadi semakin terasa nyata.

Top Gun: Maverick merupakan sekuel dari film Top Gun (1986), melanjutkan cerita Pete Mitchell (diperankan Tom Cruise) yang kini kembali diminta terbang buat melatih para pilot terbaik untuk melakukan sebuah misi. Disutradarai oleh Joseph Kosinski, Top Gun: Maverick menjadi salah satu film yang wajib disaksikan di layar lebar.

(aay/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT