Mr. Fantastic di Doctor Strange in the Multiverse of Madness: Mleyot Lalu Mati

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 17 Mei 2022 18:29 WIB
John Krasinski
Foto: dok. Marvel Studios
Jakarta -

Spoiler alert!

Sejak bocoran Doctor Strange in the Multiverse of Madness beredar di media sosial dan forum Reddit, ada banyak cameo yang diantisipasi penampilannya. Dalam trailer kita bisa mendengar suara Professor Xavier yang diperankan Sir Patrick Stewart. Tapi di dalam film ada lebih banyak lagi penampilan karakter dari Marvel Comics yang akhirnya diajak masuk ke MCU. Salah satunya adalah pentolan Fantastic Four, Mr. Fantastic.

Karakter Mr. Fantastic sebelumnya dihidupkan oleh Ioan Gruffudd lewat sederet film Fantastic Four di era 2005 hingga 2007. Bisa dikatakan dia membawakan karakter ini dengan baik dan menjadikannya sosok adaptasi komik Marvel yang ikonik pula. Di Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Mr. Fantastic diperankan oleh aktor John Krasinski.

Rumor soal penampilan John Krasinski sebagai Mr. Fantastic memang sudah beredar sejak lama. Buat kamu yang aktif di media sosial atau membaca forum Reddit pasti pernah mendengar rumor ini juga. Ketika sosoknya diungkap sebagai salah satu personel Illuminati di Doctor Strange in the Multiverse of Madness, tak sedikit penonton di dalam bioskop bersorak menyambutnya.

Mr. Fantastic versi John Krasinski tampil dengan kostum Fantastic Four yang khas. Dia bergabung menjadi anggota Illuminati di Bumi-838, semesta yang berbeda dengan Bumi tempat Doctor Strange "asli" hidup yakni Bumi-616. Diperkenalkan sebagai "pria terpintar" dalam film arahan Sam Raimi tersebut, penampilan Mr. Fantastic terbilang singkat tanpa sempat menunjukkan kepintarannya.

Wanda (Elizabeth Olsen) menyerang masuk ke markas Illuminati. Menghajar para Ultron dan menghancurkan kepala mereka. Dia tengah memburu America Chavez (Xochitl Gomez) dengan misi mengambil kekuatan America agar dirinya bisa berpindah semesta dan hidup bersama dua orang anaknya. Para anggota Illuminati: Captain Carter, Captain Marvel, Professor X, Black Bolt, dan Mr. Fantastic mencoba melawan. Namun satu per satu dari mereka terbunuh.

Mr. Fantastic berusaha menyerang Wanda dengan mengeluarkan kekuatan supernya. Dalam usaha menghentikan Wanda, tubuh Mr. Fantastic mleyot elastis namun akhirnya sang Scarlet Witch menyerangnya balik. Usaha Mr. Fantastic sia-sia karena dia langsung dimusnahkan oleh Wanda.

Ada yang menyebut penampilan Mr. Fantastic di Doctor Strange in the Multiverse of Madness sangat sia-sia lantaran label "pria terpintar" itu seolah tidak terlihat dari adegan aksi antara dirinya dan Wanda. Mr. Fantastic tampak terlalu lemah dan tak ada perlawanan berlebih ketika menghadapi Scarlet Witch. Alih-alih pintar, malah ada yang menyebut Mr. Fantastic di sini justru terkesan arogan karena meremehkan Wanda.

Ioan Gruffudd sebagai Mr. Fantastic

Tentu saja kekuatan Mr. Fantastic lebih dari sekedar tubuh elastis dan kemampuan mleyot sempurna. Dalam komik, tubuhnya mampu menahan segala serangan, seperti tembakan mematikan misalnya, lalu menembakkan kembali peluru tersebut. Elastisitas tubuhnya bisa digunakan untuk berubah jadi bentuk apapun.

Mr. Fantastic juga memiliki kemampuan mengubah penampilannya menjadi pria lain yang memiliki rambut dan warna kulit serupa dengannya. Lengan dan tangannya bisa jadi sebuah palu besar yang menghajar musuh dengan kekuatan penuh, bisa juga berubah jadi kipas besar yang menciptakan angin superkencang yang mampu meniup musuh menjauh.

Selain kemampuan fisik, otak cerdas Mr. Fantastic juga salah satu yang paling cemerlang di semesta Marvel. Dia juga jago hipnotis dan Judo. Sayangnya deretan kemampuan ini tak ditampilkan dalam usahanya melawan Wanda di Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Mungkin kita memang harus menunggu John Krasinski main dalam film reboot Fantastic Four beberapa tahun lagi.

(aay/wes)