Sosok Madame Web, Sang Perempuan Laba-laba di Semesta Spider-Man

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 31 Mar 2022 20:04 WIB
Madame Web
(Foto: dok. Marvel Comics) Lahir sebagai penyandang disabilitas, secara fisik Madame Web lemah. Namun fisiknya itu didukung oleh kekuatan-kekuatan yang dimilikinya sebagai mutan.
Jakarta -

Dakota Johnson dan aktris serial HBO Euphoria, Sydney Sweeney, telah dikonfirmasi bakal bergabung dengan proyek film Sony dan Marvel yaitu Madame Web. Siapa sih Madame Web dan apa hubungannya dengan Spider-Man?

Madame Web adalah salah satu karakter superhero dalam Marvel Comics. Dia pertama kali muncul di komik The Amazing Spider-Man volume #210 yang dirilis pada November 1980. Karakternya terbilang misterius dan juga mistis karena punya kemampuan luar biasa yakni melihat masa depan.

Madame Web bernama asli Cassandra Webb. Dia adalah seorang mutan yang lahir di Salem, Oregon. Sejak lahir dia punya penyakit bernama myasthenia gravis yang membuatnya punya kemampuan seperti cenayang. Dia juga kerap kali jadi medium.

Peter Parker (Spider-Man) pertama kali mengenal Madame Web dari teman yang kemudian jadi pacarnya, Debra Whitman. Awalnya Spider-Man tak mau ambil pusing soal sosok Madame Web. Menurutnya, Madame Web hanyalah seorang ahli klenik saja. Tapi usai peristiwa penyerangan di Daily Globe, Spider-Man hanya bisa mengandalkan bantuan dari Madame Web.

VENICE, ITALY - SEPTEMBER 03: Dakota Johnson attends the red carpet of the movie Dakota Johnson digaet buat film Madame Web. Foto: Getty Images for Netflix/Marc Piasecki

Dengan kemampuan Madame Web, Peter tahu lokasi kriminal yang sedang diburunya. Setelah itu dia kemudian mulai yakin dengan kemampuan super yang dimiliki oleh Madame Web. Ujungnya, Madame Web mengungkapkan fakta bahwa dia tahu siapa sosok yang ada di balik topeng Spider-Man.

Di sejarah Marvel Comics, Madame Web terlibat dalam berbagai kejadian. Salah satunya adalah upacara Gathering of Five, yakni sebuah upacara yang (seperti namanya) dihadiri oleh lima orang yang diharuskan membawa sebuah benda bersejarah. Benda itu ketika dikumpulkan akan memberikan berkat atau pun kutukan berupa kekuatan, pengetahuan, kehidupan abadi, kegilaan, atau kematian. Dari upacara ini Madame Web mendapatkan kehidupan abadi.

Madame WebGathering Five Foto: dok. Marvel Comics

Gathering Five juga dihadiri oleh sederet karakter dari semesta Spider-Man dalam komik: Norman Osborn, Morris Maxwell, Gregory Herd, dan Mattie Franklin.

Madame Web dalam perjalanan cerita kemudian menggaet dua anak muda bernama Jessica Drew dan Julia Carpenter. Mereka lalu jadi dua Spider-Woman bersama dengan Mattie Franklin. Jessica Drew dan Julia Carpenter juga tergabung dalam ritual Gathering of the Five. Di satu titik dalam cerita dia juga berubah jadi villain.

Kemampuan Madame Web tidak hanya terbatas melihat masa depan saja. Dia juga mampu melakukan telepati atau membaca pikiran orang lain, memiliki kemampuan proyeksi astral, sangat sensitif pada energi sehingga membuatnya mampu melihat kejadian-kejadian di lokasi yang amat jauh, dan berkat Gathering of Five dia pun imortal alias hidup abadi.

Lahir sebagai penyandang disabilitas, secara fisik Madame Web sebenarnya lemah. Namun fisiknya itu didukung oleh kekuatan-kekuatan yang dimilikinya sebagai mutan.

Adaptasi film Madame Web akan disutradarai oleh S.J. Clarkson (sebelumnya menyutradarai serial Jessica Jones). Skenarionya akan dipegang oleh Kerem Sanga dengan ditemani Matt Sazama dan Burk Sharpless.

(aay/tia)