Oscar 2022 Diprotes Gegara Sunat 8 Penghargaan dari Siaran Langsung

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 07 Mar 2022 13:40 WIB
Piala Oscar
Foto: (Getty Images) Di ajang Oscar 2022 ini, The Academy memutuskan akan ada 8 penghargaan yang pengumumannya tidak akan ditayangkan dalam siaran langsung.
Jakarta -

The Academy dapat protes dari dua sutradara film peraih nominasi Oscar 2022, Denis Villeneuve (Dune) dan Jane Campion (The Power of the Dog). Lantaran di ajang tahun ini, The Academy memutuskan untuk tidak menampilkan pengumuman 8 kategori film dari siaran langsung resmi mereka.

Protes serupa sebenarnya sudah pernah juga terjadi di tahun 2018. Kala itu The Academy memutuskan untuk mengumumkan sederet penghargaan secara off-air sehingga yang ditampilkan di siaran langsung adalah penghargaan-penghargaan utama.

Di ajang Oscar 2022 ini, The Academy memutuskan akan ada 8 penghargaan yang pengumumannya tidak akan ditayangkan dalam siaran langsung. Di antaranya adalah kategori Documentary (Short), Film Editing, Makeup and Hairstyling, Music (Original Score), Production Design, Short Film (Animated), Short Film (Live Action), dan Sound.

Kali ini alasan dari presiden The Academy, David Rubin, adalah demi punya waktu lebih banyak untuk acara hiburan saat siaran langsung. Format baru ini pun kemudian mendapat reaksi keras dari komunitas film termasuk sutradara Dune dan The Power of the Dog.

Dikutip Deadline, Denis Villeneuve menyebut keputusan The Academy mengumumkan penghargaan sebelum siaran langsung adalah sebuah kesalahan. Lantaran menurut sutradara Dune itu, film merupakan sebuah karya tim dan orang-orang lain selain sutradara dan aktor layak diberi panggung, ditampilkan, dan dikenal oleh masyarakat.

Senada dengan Denis Villeneuve, Jane Campion menyebut bahwa orang-orang yang memegang kendali atas desain produksi sebuah film juga pantas diapresiasi dalam tayangan siaran langsung. Sutradara The Power of the Dog itu menggarisbawahi peran tim desain produksi sebagai sebuah elemen penting dari film bagus.

"Aku mengerti mereka ada di bawah tekanan yang besar, tapi ini bukan keputusan yang baik. Membuat film itu pekerjaan tim, seperti halnya sepakbola. Film itu usaha tim. Memang di media saat ini banyak bicara soal sutradara dan aktor. Orang-orang yang bekerja di balik layar, sayangnya, butuh dilihat dan acara penghargaan seperti ini dibuat untuk mereka," kata Denis Villeneuve.

"Aku pasti akan menyertakan desain produksi di dalam penghargaan utama karena desain sangat penting untuk film," beber Jane Campion.

Di ajang Oscar 2022, Dune mendapat nominasi di 10 kategori berbeda. Lima di antaranya merupakan kategori yang tidak akan ditayangkan di siaran langsung. Sementara The Power of the Dog yang memimpin perolehan nominasi tahun ini, dengan 12 nominasi, punya 4 kategori yang disunat dari siaran langsung.

Oscar 2022 akan digelar pada 27 Maret di Dolby Theatre, Amerika Serikat. The Academy beberapa waktu lalu juga mengumumkan sebuah kategori baru yakni Oscars Fan Favorite. Lewat kategori ini, fans bisa memilih film favorit mereka untuk dinobatkan sebagai pemenang dalam ajang Oscar 2022. Proses voting sudah ditutup pada 3 Maret 2022.

(aay/nu2)