Denis Villeneuve Gaspol Dune: Part 2, Keluarga Harkonnen Jadi Fokus Utama

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 16 Feb 2022 19:44 WIB
LOS ANGELES, CA - DECEMBER 13:  Director Denis Villeneuve attends TheWrap presents a special screening of Arrival on December 13, 2016 in Los Angeles, California.  (Photo by Emma McIntyre/Getty Images)
(Foto: Emma McIntyre/Getty Images) Sutradara Denis Villeneuve sudah siap menggarap film kedua Dune dengan fokus pada keluarga Harkonnen.
Jakarta -

Film pertama Dune meraup sukses di box office sejalan dengan kesuksesannya di nominasi Oscar. Dune dinominasikan ke dalam 10 kategori di Oscar 2022 termasuk Best Picture dan Best Adapted Screenplay. Kini, sutradara Denis Villeneuve sudah siap menggarap film kedua.

Kepada Empire, Denis Villeneuve menceritakan sudut pandang yang ingin ditampilkan dalam Dune: Part 2. Di bagian pertama, penonton disajikan fokus cerita di keluarga Atreides dan organisasi Bene Gesserit. Sehingga dalam film kedua nanti, perhatian sang sutradara pun akan bergeser ke keluarga Harkonnen yang jahat.

Film pertama Dune merupakan hasil adaptasi separuh dari novel pertama Frank Herbert. Keputusan untuk membagi dua cerita film dari satu buku tersebut diakui oleh Denis Villeneuve sebagai keputusan yang cukup berat mengingat kemungkinan akan adanya sekuel hanya bergantung pada pendapatan box office. Dune beruntung film pertamanya laris manis.

Sepanjang penayangannya di bioskop, Dune telah meraup lebih dari 300 juta dolar di box office internasional. Pencapaian ini didapatkan hanya dalam waktu tiga minggu saja. Dune kini akan tayang di HBO GO.Sepanjang penayangannya di bioskop, Dune telah meraup lebih dari 300 juta dolar di box office internasional. Pencapaian ini didapatkan hanya dalam waktu tiga minggu saja. Dune kini akan tayang di HBO GO. Foto: dok. HBO GO

"Saat mengadaptasi, kau harus membuat pilihan-pilihan berani demi menghidupkan cerita," katanya dalam wawancara tersebut. "Kurasa ini (membagi dua film) adalah cara terbaik untuk memperkenalkan dunia ini ke penonton yang lebih luas," lanjut dia.

Dalam proses penggarapan film kedua, diakui Denis Villeneuve dia lebih punya kelonggaran dalam hal memberikan detail. Dia pun menyebut akan ada banyak hal-hal mendalam dan penting yang akan dihadirkan dalam Dune: Part 2.

Salah satunya dengan memperkenalkan karakter baru. Dia menahan diri untuk tidak membeberkan semua karakter dalam buku di film pertama agar penonton bisa fokus pada Paul Atreides dan Bene Gesserit.

"Beberapa karakter baru akan diperkenalkan di bagian kedua dan ini adalah keputusan yang aku buat di awal proyek karena film pertama adalah tentang Paul Atreides dan Bene Gesserit, dan juga pengalaman mereka kontak dengan budaya berbeda untuk pertama kalinya. Bagian kedua akan lebih banyak tentang para Harkonnen," lanjut Denis Villeneuve.

Film pertama Dune meraup sukses dengan total pendapatan US$399,4 juta. Tak butuh waktu lama buat WarnerBros. untuk memberi lampu hijau buat produksi film kedua.

Di Oscar 2022, Dune dinominasikan ke dalam 10 kategori berbeda. Di antaranya Best Picture, Best Original Score, Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, Best Visual Effects, Best Production Design, Best Costume Design, Best Makeup and Hairstyling, Best Film Editing, dan Best Sound.

(aay/tia)