Laris di Wattpad, Novel The Other Side Diadaptasi Jadi Film

ADVERTISEMENT

Laris di Wattpad, Novel The Other Side Diadaptasi Jadi Film

Desi Puspasari - detikHot
Selasa, 01 Mar 2022 18:52 WIB
The Other Side
Laris di Wattpad dan jadi Novel Best Seller, The Other Side dijadikan film. Foto: dok. Pribadi
Jakarta -

The Other Side adalah novel perdana karya Alya Ranti. Pertama muncul 4 tahun lalu di Wattpad, The Other Side sudah dibaca sebanyak 23 juta kali.

Novel ini menceritakan tentang berbagai sisi para remaja. Selain laris di Wattpad, The Other Side juga sempat menjadi novel bestseller.

"Setiap karakter (di novel ini) punya sisi lain lah. Tentang mental health, menghadapi masalah, bersikap ke orang lain. Related sama semua orang, baik remaja dan orang tua. Makanya pembacanya banyak kalangan orang tua dan remaja," cerita Alya Ranti dalam jumpa pers virtual, Selasa (1/3/2022).

"Jadi kita bisa mengetahui apa masalah remaja zaman sekarang dan dulu, karena berbeda masalahnya. Orang tua juga harus tahu parenting yang bener gimana, karena parenting ini penting banget karena permasalahan karakter berbeda," jelasnya.

Menjadi bestseller, novel The Other Side juga dikenal sampai ke negara tetangga. Terlebih jumlah pembaca di Wattpad juga sudah mencapai puluhan juta kali.

"Pembaca sudah 23 juta kali membaca, sempat best seller di Gramedia. Pembacanya juga ada dari Malaysia, Singapura, mereka merekomendasikan dan akhirnya novel ini juga terkenal di negara tetangga," tutur Alya bangga.

Alya Ranti ingin memberikan pesan moral yang sangat dekat dengan remaja saat ini. Jalan cerita yang sangat dekat dengan masalah anak muda zaman sekarang, meski sudah 4 tahun lalu ditulis jumlah pembacanya semakin terus bertambah.

Kini, The Other Side juga diadaptasi menjadi film layar lebar dengan judul yang sama. Bekerja sama dengan Lingkar Pictures, The Other Side rencananya akan tayang pada 17 Maret 2022 di bioskop seluruh Indonesia.

Novel The Other Side siap diadaptasi jadi film.Alya Ranti, penulis novel The Other Side antusias menanti film yang diadaptasi dari karyanya. Foto: dok Pribadi

"Jadi saat novel ini dibaca 13 juta kali mulai ada banyak PH yang menghubungiku untuk diadaptasi menjadi film. Tapi belum nemu PH yang pas di hati, sampai ketemu sama PH Lingkar Pictures baru cocok. Aku terlibat di pembuatan skenario. Banyak diskusi untuk naskah dan casting," cerita Alya.

Ikut serta dilibatkan dalam proses pembuatan film The Other Side, Alya Ranti sangat menanti hasilnya di bioskop.

"Aku senang banget pas dikasih tahu jadi film. Saat diumumkan ke pembaca, mereka juga suka dengan pilihan Lingkar Pictures. Aku suka banget The Other Side berada di tangan yang tepat. Saya berharap film ini nggak cuma menghibur, tapi juga memberi nilai pelajaran," harap Alya.

Girry Pratama, selaku produser dari Lingkar Pictures mengakui melakukan pendekatan berbeda dengan Alya. Untuk bisa mengadaptasi The Other Side, Girry mengatakan bukan bicara soal uang.

"Pendekatannya kayak kita nggak ngomongin angka. Di sini saya katakan, 'Kita melibatkan kamu.' Alya bilang, 'Boleh nih saya boleh terlibat?' 'Boleh,'" kata Girry.

"Kalau ikutin novel total durasi (film) 4 jam. Kita potong jadi dua jam. Ada sebagian dari novel yang hilang. Saya sudah dikomunikasikan ke Alya. Ada sedikit cerita yang kita modifikasi dan komunikasi bersama," jelasnya.

The Other Side mengisahkan tentang sosok Alea seorang remaja 16 tahun yang memutuskan untuk pindah dari Jakarta ke Bandung karena ingin melupakan mantannya Reynand yang berselingkuh dengan sahabatnya sendiri. Alea masuk ke sekolah SMA Gempita.

Niat menyibukkan diri agar lupa dengan Reynand, Alea memutuskan masuk OSIS dan justru bertemu dengan sosok Revo. Revo begitu mirip dengan Reynand mantannya.

Setiap tokoh dalam The Other Side mempunyai berbagi sisi dan masalah masing-masing. Di mana dalam cerita ini ada juga pelajaran tentang hubungan orang tua dan anak.



Simak Video "Amel Carla Ceritakan Pengalamannya Perankan Karakter Cewek Lemot"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT