Produser Bocorkan Biaya Produksi Film The Other Side

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 20 Apr 2021 07:02 WIB
Ahmad Rifai
Produser bocorkan biaya produksi film The Other Side. (Foto: Pingkan Anggraini)
Jakarta -

Produser film The Other Side, Achmad Rifai, membeberkan biaya produksi yang digelontorkan dalam film perdananya itu. Diketahui, film ini merupakan kali pertama Achmad Rifai menjajaki posisi eksekutif produser dalam sebuah film.

Meski tak secara blak-blakan, Achmad Rifai membocorkan biaya untuk memproduksi film pertamanya itu saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Awalnya Achmad Rifai yang juga merupakan seorang pengacara kondang itu enggan membeberkan urusan budget film perdananya itu. Ia sempat tak mau membahas hal itu sambil tersenyum santai.

"Nggak usahlah (bahas budget), pasti sudah tahu semua," ujar Achmad Rifai.

Meski begitu, secara tak langsung Achmad Rifai menegaskan biaya produksi film perdananya itu lebih dari Rp 2 miliar.

Ia menuturkan hal itu dengan santai. Baginya, dalam memproduksi suatu film, uang Rp 2 miliar belum tentu cukup.

"Tapi nggak ada ceritalah Rp 2 miliar cukup (untuk produksi film). Itu nggak mungkin," tegas Achmad Rifai.

Selain membahas perihal biaya produksi, Achmad Rifai menjelaskan keputusannya membeli sebuah rumah produksi film. Ia mengaku sempat diyakinkan teman-temannya yang sudah lebih dulu menjajaki dunia perfilman.

Disebut Achmad Rifai, dunia film layak untuk dicoba dalam kariernya. Ia merasa bekerja di industri film cukup menjanjikannya dalam urusan karier.

Diketahui, Achmad Rifai memang berlatar belakang seorang pengacara yang profesinya menjanjikan. Ia bahkan pernah menjadi pengacara KPK untuk menggugat balik tindakan Polri yang dianggap bentuk kriminalisasi yang mengingatkan istilah Cicak vs Buaya.

"Saya ketemu dengan teman yang memang dia sudah lebih dahulu memproduksi film, ya meyakinkan kalau sama-sama bikin film memang nggak mudah, tapi mereka meyakinkan saya bahwa dunia ini juga cukup menjanjikan," tuturnya.

"Dia memberikan argumen-argumen yang cukup menarik yang realistis nggak diada-adain. Sehingga itu yang membuat saya tertarik," jelas Achmad Rifai lagi.

Membuka peruntungan baru di dunia film rupanya tak membuat Achmad Rifai takut merugi. Ia menegaskan peruntungan dan rugi pasti kerap terjadi dalam sebuah usaha setiap manusia.

Pada kesempatan ini, Achmad Rifai menjelaskan keterlibatannya di film juga sebagai pelajaran baru.

"Saya berpikir semua orang berusaha di mana pun pasti ada pemikiran untuk dapat itu (untung atau rugi). Tapi saat ini saya mencoba belajar bagaimana karya perfilman saya menjadi lebih tahu detail dalam dunia yang baru ini," tutur Achmad Rifai.

"Kalau rugi dan untung ya pasti. Dua-duanya sangat memungkinkan apalagi COVID-19. Tetapi bagaimana menimbang cara risiko ini, sehingga lebih maksimal untuk dunia perfilman," tambahnya.

Sebagai tambahan informasi, Achmad Rifai belum lama ini juga datang ke Bandung melihat proses syuting The Other Side. Ia menegaskan, film ini juga menjalani syuting di Jakarta.

Film The Other Side pun turut dibintangi artis-artis terkenal, seperti Davina Karamoy, Syakir Daulay, Wulan Guritno, Pamela Bowie, Amel Carla, hingga Cut Mini.

(pig/mau)