Perbedaan Dunia Setan di Missing The Other Side dan Hotel Del Luna

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Jumat, 04 Sep 2020 18:33 WIB
Drama Korea Missing: The Other Side
Foto: dok. OCN
Jakarta -

Drama Korea tidak jarang menampilkan hantu-hantu dalam ceritanya. Yang terbaru adalah Missing: The Other Side, cerita tentang dunia orang mati yang dibalut dengan misteri pembunuhan.

Missing: The Other Side menampilkan sebuah pedesaan bernama Desa Duon. Desa Duon jadi tempat persinggahan untuk para manusia yang mati secara misterius dan jasadnya belum ditemukan di dunia. Arwah mereka dibawa ke tempat ini oleh seorang bernama Pak Jang yang tidak kalah misterius dari Desa Duon itu sendiri.

Desa Duon dan Hotel Del Luna

Ada kemiripan antara Desa Duon di drama Korea Missing: The Other Side dan Blue Moon Hotel di drama Korea Hotel Del Luna. Dua tempat tersebut sama-sama sebuah persinggahan untuk para arwah sebelum akhirnya mereka diantar menyebrang ke nirwana.

Desa Duon dan Blue Moon Hotel sama-sama menawarkan kenyamanan buat para arwah. Mereka berusaha untuk membuat diri mereka senang, bahagia, dan menyelesaikan urusan yang belum rampung di dunia sambil menunggu di dua tempat tersebut.

Namun Desa Duon dan Blue Moon Hotel juga memiliki sederet perbedaan.

1. Konsep tempat dan lokasi

Di Hotel Del Luna, penginapan yang dipimpin oleh Jang Man Wol itu bisa berpindah-pindah lokasinya. Di awal cerita, penginapan tersebut terletak di kawasan Myeongdong. Lalu kemudian berpindah ke daerah dekat kawasan pedesaan yang terkenal dengan arak berasnya.

Sementara Desa Duon di Missing: The Other Side adalah sebuah desa di tengah gunung yang dikelilingi hutan. Desa ini tidak terlihat oleh manusia biasa kecuali orang-orang pilihan seperti Kim Wook (karakter yang diperankan Go Soo) dan Pak Jang (diperankan oleh Heo Joon Ho).

Drama Korea Missing: The Other SidePak Jang, karakter di drama Korea Missing: The Other Side Foto: dok. OCN

2. Kedatangan dan kepergian arwah

Hotel Del Luna akan mudah ditemukan oleh arwah yang ingin singgah. Mereka bisa menghabiskan waktu di sini sementara urusan di dunia terselesaikan. Lalu Jang Man Wol dan staf hotel akan mengantar mereka untuk menyebrang naik limosin ke nirwana.

Di Missing: The Other Side, kedatangan arwah ke Desa Duon masih belum diberitahukan secara detail. Namun di dua episode pertama, Pak Jang menjadi sosok penting yang membawa arwah ke tempat ini. Sekaligus juga yang mengantar arwah ke nirwana namun dengan cara menemukan jasad mereka yang hilang.

Drama Korea Missing: The Other SideSalah satu arwah di drama Korea Missing: The Other Side Foto: dok. OCN

3. Arwah yang tidak menyeramkan

Missing: The Other Side menampilkan arwah yang sama sekali tidak menyeramkan. Kondisi terakhir mereka saat meninggal tetap terlihat seperti bekas luka misalnya. Namun secara keseluruhan, arwah-arwah di Desa Duon berbentuk selayaknya manusia seutuhnya.

Hotel Del Luna lebih menampilkan horor pada pengunjung hotelnya. Ada yang matanya hilang, ada yang benar-benar berbentuk hantu penasaran dengan rambut panjang dan wajah menyeramkan, dan hantu-hantu Asia lainnya. Tenang aja, Pocong nggak ada kok di Hotel Del Luna.

Drama Korea Missing: The Other SideThomas, pentolan Desa Doun di drama Korea Missing: The Other Side Foto: dok. OCN

4. Pentolan Desa/Hotel

Hotel Del Luna dipimpin oleh Jang Man Wol (diperankan oleh IU), sosok perempuan eksentrik yang selalu tampil modis dan sangat menyukai uang. Dia punya masa lalu yang benar-benar kelam dan penuh penyesalan sehingga arwahnya belum bisa menyebrang ke nirwana.

Di Desa Duon, ada sebuah kafe bernama Hawaii Kafe. Seorang pria bernama Thomas (diperankan oleh Song Geon Hee) adalah pemilik kafe itu. Kematian Thomas masih menjadi misteri sampai episode 2 drama Missing: The Other Side ini.

(ron/nu2)