Pengacara Achmad Rifai Coba Peruntungan di Industri Film

Hanif Hawari - detikHot
Senin, 05 Apr 2021 07:55 WIB
Achmad Rifai
Pengacara Achmad Rifai Coba Peruntungan di Industri Film. (Foto: Hanif Hawari)
Jakarta -

Achmad Rifai mencoba peruntungan di dunia perfilman. Pengacara kondang Tanah Air itu mencoba profesi sebagai produser eksekutif sebuah karya yang berjudul The Other Side.

Achmad Rifai mengaku sudah lama berkeinginan memulai karier di industri film. Namun, pengacara asal Jombang ini merasa tak kunjung menemukan rekan kerja yang cocok untuk mewujudkan impiannya.

Beruntung, Achmad Rifai bertemu dengan sutradara Girry Pratama. Sosok tersebut membuat Achmad Rifai setuju bekerja sama karena bakatnya yang patut diacungi jempol.

"Girry itu meyakinkan saya berkali-kali bahwa ayo sama-sama membangun di perfilman. Saya bilang saya itu ber-background lawyer. Tentu saya harus berpikir lebih dulu tentang hal ini, karena hal ini dunia baru, karena sebelumnya belum pernah berkecimpung di sini," ujar Achmad Rifai saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Setelah berunding dan bersepakat, akhirnya Achmad Rifai dan Girry Pratama membuka sebuah rumah produksi bernama Lingkar Pictures. Karya mereka, The Other Side, yang dibintangi oleh Wulan Guritno, Pamela Bowie, hingga Syakir Daulay akan segera tayang.

Achmad Rifai tentu harus mempelajari seluk beluk bidang yang baru didalaminya tersebut. Namun, ia mengaku tak begitu kesulitan karena memang gemar bercerita, terutama lewat tulisan.

"Saya tertarik. Begitu tertarik saya tanya, terus seperti apa mekanisme cara pembuatannya gimana. Maka beliau menjelaskan secara baik, secara detail, akhirnya kita buat bareng-bareng," katanya.

"Jangan takut sama pandemi dan ide-ide kreatif ini dimunculkan. Saya tanya, industri ini kan imajiner, industri kreatif yang tentu membutuhkan cara pemikiran-pemikiran yang baru. Pemikiran yang baru inilah akhirnya kita berdiskusi panjang yang sebelumnya saya tidak dapatkan dari teman lainnya," tambah Achmad Rifai.

Selain karena ingin mencoba bidang baru dan gemar menulis, alasan Achamd Rifai menjadi produser eksekutif lantaran isu monopoli perfilman Indonesia. Eks lawyer KPK era Cicak Vs Buaya itu pun berhasrat membuat sesuatu yang baru dan ingin menjadikan industri film ini sehat tanpa kecurangan.

"Ayo kita sama-sama berjalan dengan sehat. Ayo kita sama-sama berkompetisi. Ayo kita sama-sama membangun perfilman Indonesia ini untuk menjadi lebih baik," pungkas Achmad Rifai.

Achmad Rifai sebelumnya terkenal sebagai pengacara yang menangani kasus-kasus besar. Mulai dari kasus kepala daerah, menteri, hingga artis Tanah Air.

(hnh/mau)