ADVERTISEMENT

70 Tahun Berkarier, Pelatih di Shaolin Soccer Akhirnya Jadi Aktor Terbaik

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Rabu, 23 Feb 2022 07:05 WIB
Patrick Tse Yin
Penampilan Patrick Tse Yin di Shaolin Soccer. Dok. Ist
Jakarta -

Masih ingat dengan film mandarin berjudul Shaolin Soccer? Dalam film ini ditampilkan bagaimana teknik permainan bola dikolaborasikan dengan bela diri kungfu. Jika kalian masih ingat dengan filmnya, berarti tak lupa dengan karakter Hung yang menjadi pelatih dari tim jahat (Evil Team) yang diperankan oleh Patrick Tse Yin.

Kini ia sudah berusia 85 tahun dan telah 70 tahun berkarir di industri hiburan. Akhirnya ia pun berhasil mencetak sejarah untuk berada dalam nominasi Aktor Terbaik untuk pertama kalinya dalam Hong Kong Film Awards.

Karakter Hung ini dalam Shaolin Soccer merupakan rival dari Fung selama bertahun-tahun. Ia melatih timnya yang dikenal dengan sebutan evil team demi mengalahkan tim milik Fung. Sosok Hung ini diperankan olehnya. Patrick Tse Yin merupakan seorang aktor, produser, penulis skenario, bahkan sutradara asal Hong Kong.

Karirnya dalam industri hiburan tak perlu dipertanyakan lagi. Ia telah melakukan debut aktingnya sejak berusia 17 tahun atau sekitar tahun 1952. Saat itu, ia bermain dalam film The Stormy Night. Kemudian, ia pun menjadi salah satu idola paling populer di bioskop Asia tahun 60 hingga 70 an. Patrick sempat memutuskan untuk berhenti dalam berakting pada tahun 1990an dan pindah ke Kanada.

Ia juga pernah menikah dengan seorang wanita bernama Deborah Dik pada tahun 1979 dan Zhen Zhen tahun 1974. Namun, kedua pernikahannya itu tak berlangsung lama. Sampai pada akhirnya ia dikabarkan dekat dengan seorang model asal Shanghai bernama Coco yang memiliki jarak usia hampir 49 tahun lebih muda darinya. Namun, lagi-lagi hubungannya tak berjalan lancar. Setelah 10 tahun bersama, mereka pun berpisah pada tahun 2018.

Beberapa waktu lalu, sang legenda layar lebar Hong Kong ini berhasil membawa pulang penghargaan sebagai Aktor Terbaik. Patrick berhasil membawa penghargaan yang diberikan oleh Hong Kong Film Critics Society.

Setelah itu, ia pun berhasil masuk dalam nominasi Aktor Terbaik pada acara Hong Kong Film Awards (HKFA) melalui perannya sebagai pensiunan pembunuh bayaran dalam film Time. Ini merupakan pengalaman pertamanya untuk berada pada nominasi tersebut selama 70 tahun berkarir di industri hiburan. Selain Patrick, Lam Ka Tung dan Leung Chung juga masuk dalam nominasi Aktor Terbaik.

Patrick Tse YinPenampilan terbaru Patrick Tse Yin di film. Foto: Dok. Ist


Simak Video "Aktor Legendaris Hong Kong Ng Man Tat Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT