ADVERTISEMENT

Ending Eternals Versi Chloe Zhao Ternyata Lebih Suram

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 30 Des 2021 21:26 WIB
Eternals
Foto: (MARVEL) Versi Chloé Zhao, Eternals berakhir lebih gelap. Ini alasan kenapa Marvel Studios tak pakai ending tersebut.
Jakarta -

Ending Eternals, salah satu film di fase 4 Marvel Cinematic Universe, di dalam rencana sutradara Chloé Zhao rupanya berbeda seperti yang akhirnya tayang di layar lebar. Versi Chloé Zhao, Eternals berakhir lebih gelap.

Hal ini dijelaskan oleh Chloé Zhao dalam sebuah wawancara dengan Empire. Meski tidak menjelaskan secara detail apakah pada akhir film Eternals akan ada adegan after credit, kemunculan cameo dari superhero MCU lain, dan semacamnya, namun sang sutradara pemenang Oscar itu menyebut akhir film versinya memang lebih suram.

"Sebenarnya kami punya ending berbeda, yang lebih suram," kata sutradara Nomadland itu kepada Empire.

Dia melanjutkan, ending versinya ini tidak jadi tayang bukan karena dia berujung tidak suka dengan jalan ceritanya. Dia justru lebih menyukai ending suram ini, karena kesan melankolis yang diberikannya lebih terasa daripada yang akhirnya dipilih Marvel buat tayang.

Hanya saja menurut Chloé Zhao, ending suram tersebut akan sulit diterima oleh penonton. Akhirnya mereka mengubah akhir film Eternals untuk memberi kesempatan buat penonton berimajinasi apa yang akan terjadi di film-film selanjutnya.

"Aku tidak membenci ending suram ini, karena aku sudah terbiasa dengan film-film yang punya kesan melankolis. Tapi aku merasa ending ini tidak diharapkan oleh fans," lanjut Chloé Zhao.

Ending Eternals dalam bayangan Chloé Zhao mengembalikan para Eternals ke titik nol. Semua kembali normal yang pada akhirnya akan mengundang reaksi kebingungan di benak penggemar.

"Seharusnya Eternals berakhir dengan para Eternal kembali ke pesawat mereka, ingatan semuanya terhapus, dan mereka pergi ke planet lain. Aku ingat ketika layar berubah hitam, orang-orang berkomentar, 'aku tidak tahu harus apa'. Dan ya karena ini MCU, penonton harus dibuat bersemangat untuk proyek selanjutnya," tutup Chloé Zhao.

Eternals menerima banyak kritikan dari penggemar film-film superhero Marvel. Meski Marvel Studios tampak habis-habisan dalam proyek ini, namun antusiasme sebagian penggemar seperti tak terbayar tuntas. Ada yang menyebut Eternals terlalu punya banyak karakter untuk dijelaskan dalam durasi film yang sangat singkat, ada pula yang menyebut banyak karakter Eternals yang muncul tanpa fungsi yang jelas dalam adegan klimaks di akhir cerita.

Eternals kini jadi film MCU dengan rating paling rendah di situs Rotten Tomatoes. Film ini mendapat skor 47% dari 370 ulasan, dan 78% untuk skor terverifikasi dari penonton. Marvel Studios akan melanjutkan cerita Eternals ke film selanjutnya.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT