Mengulik Dane Whitman, Karakter Kit Harrington di Eternals

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 12 Nov 2021 19:44 WIB
Kit Harrington saat menghadiri premiere Eternals di BFI IMAX Waterloo, Inggris, 27 Oktober 2021.
(Foto: Getty Images/Jeff Spicer) Kit Harrington didapuk memerankan Dane Whitman di Eternals. Kekuatan super apa yang dia punya?
Jakarta -

Kit Harrington resmi bergabung dalam Marvel Cinematic Universe lewat Eternals. Hanya saja dia bukan salah satu dari 10 anggota Eternals yang diperkenalkan dalam film arahan ChloƩ Zhao ini. Kit Harrington didapuk memerankan Dane Whitman.

Dalam semesta komik Marvel, Dane Whitman adalah seorang ilmuwan yang cerdas dan sangat ahli dalam bidang fisika. Tidak hanya itu, dia juga menguasai berbagai bidang ilmu dan teknologi termasuk hal-hal terkait genetik dan juga mesin.

Spoiler untuk yang belum nonton Eternals.

Ada sedikit perbedaan antara latar belakang profesi Dane Whitman di film Eternals dan komik. Dalam film, Dane Whitman diceritakan sebagai seorang ahli sejarah yang bekerja di Natural History Museum, London. Dia adalah seorang profesor yang punya hubungan asmara dengan Sersi (Gemma Chan).

Penampilan Kit Harrington di Eternals terbilang cukup singkat. Namun karakternya dipersiapkan untuk tampil lebih banyak di cerita selanjutnya seperti yang dibocorkan dalam adegan after credit. Di situ, Dane mengungkap lebih banyak lagi soal latar belakangnya termasuk kepemilikan Ebony Blade yang diwariskan kepadanya.

Kekuatan Dane Whitman

Eternals, Film vs KomikEternals, Film vs Komik Foto: dok. Marvel/Marvel Comics

Dane Whitman merupakan karakter manusia tanpa kekuatan super. Dia bukan Eternals seperti Sersi atau Ikaris sehingga kekuatannya ya hanya seperti laki-laki normal pada umumnya yang melakukan latihan secara rutin.

Tapi kelebihan Dane Whitman selain pintar juga jago pedang. Inilah yang menjadikan Dane Whitman kemudian seorang petarung tangguh ketika berurusan dengan hal-hal di luar apa yang biasa dihadapi manusia lebih-lebih lagi di MCU. Kemampuan pedang Dane menjadikannya salah satu yang terbaik di semesta komik Marvel.

Ebony Blade yang tampil di akhir Eternals merupakan pedang dengan kekuatan magis. Dari sinilah Dane kemudian mendapatkan kekuatan lain yang kemudian menjadikannya sebagai Black Knight. Ebony Blade sudah turun temurun diberikan mulai dari Merlin ke Sir Percy of Scandia (yang juga adalah Black Knight), lalu ke Knights Templar, hingga akhirnya diturunkan ke Dane Whitman.

Di Eternals, Dane menyebut sesuatu soal pamannya yang selama ini dirahasiakan dari Sersi. Namun sebelum hal itu terungkap, sesuatu terjadi pada para Eternals dan Sersi menghilang dari muka bumi. Lalu di akhir dia membuka sebuah kotak berisi Ebony Blade yang kental dengan kekuatan magis.

Pedang ini kemudian membuat Dane Whitman jadi lebih familiar dengan hal-hal magis dan sihir. Di film dia juga menyaksikan sendiri Sersi mengeluarkan kekuatannya saat Deviant menyerang di London.

Selain itu, Dane Whitman juga dikisahkan sebagai sosok yang jago berkuda. Tapi kita masih belum banyak tahu seperti apa perkembangan karakternya nanti di MCU karena di Eternals penampilan Dane Whitman sangat minim.

(aay/tia)