Mengenal Morbius, Anti-Hero Vampir di Semesta Spider-Man

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 28 Des 2021 21:04 WIB
Morbius
(Foto: dok. Sony Pictures) Film Morbius akan dirilis sebulan lagi tepatnya 28 Januari 2022. Berikut ini deretan fakta seru dari karakter Morbius dari komik Marvel.
Jakarta -

Usai Spider-Man: No Way Home, Sony dan Marvel akan rehat sejenak untuk memproduksi kelanjutan dari film superhero laba-laba ini. Tapi Spider-Man Universe tidak akan mentok sampai di situ. Setelah sebelumnya Tom Hardy diperkenalkan sebagai Eddie Brock di Venom, kini giliran Jared Leto hadir sebagai vampir di Morbius.

Dalam trailer yang dirilis belum lama ini, kaitan antara Morbius dan Spider-Man tipis-tipis diperlihatkan. Yang paling menonjol adalah munculnya Vulture (diperankan oleh Michael Keaton) yang menjadi musuh pertama Peter Parker (Tom Holland) di Spider-Man: Homecoming.

Morbius akan dirilis sebulan lagi tepatnya 28 Januari 2022. Berikut ini deretan fakta seru dari karakter Morbius:

1. Kemunculan perdana

Morbius di komik Marvel dan Spider-Man.Morbius di komik Marvel dan Spider-Man. Foto: dok. Marvel Comics

Morbius diperkenalkan di semesta Spider-Man dalam komik The Amazing Spider-Man volume 101. Karakter ini dibuat oleh Roy Thomas dan Gil Kane dan pertama kali menampakkan dirinya di tahun 1971. Kemunculan Morbius berselang setahun dari larangan menampilkan karakter monster klasik seperti manusia serigala dan vampir ke dalam komik.

Ketika larangan diangkat, Stan Lee meminta Roy Thomas dan Gil Kane untuk menciptakan sebuah karakter vampir original alih-alih mengadaptasi sosok Dracula ke dunia Spider-Man. Meski kemudian di tahun 1972 sosok bernama Dracula diperkenalkan dalam komik Marvel berjudul The Tomb of Dracula volume 1.

2. Masa kecil Morbius

Morbius bernama lengkap Michael Morbius. Dia dibesarkan oleh seorang ibu tunggal di Yunani dan sejak kecil memiliki penyakit darah yang langka. Dia tidak bisa kena sinar matahari. Karena khawatir, ibunya memilih untuk tidak membiarkan Morbius keluar rumah menjadikannya terisolasi dari dunia luar dan teman sebayanya.

Morbius punya teman kecil bernama Emil Nikos. Suatu hari insiden kecil terjadi yang membuat Michael terluka. Hal itu membuat Emil jadi protektif kepada temannya tersebut dan mendedikasikan masa-masa kuliah mereka buat mencari obat untuk Michael.

3. Eksperimen mencari obat

Dalam perjalanan Emil dan Michael mencari obat tersebut, mereka melakukan berbagai eksperimen yang melibatkan kelelawar dan aliran listrik. Karena eksperimen ini Michael memiliki kemampuan pseudo-vampire. Semua hal yang dimiliki vampir ada dalam dirinya ditambah dengan kekuatan manusia super mulai dari kecepatan, nalar dan refleks yang semakin kuat, dan memiliki kemampuan menyembuhkan diri sendiri.

Saat Michael berubah jadi vampir, taringnya bakal muncul bersama dengan kuku-kuku tajam dan penampilannya jadi mirip kelelawar. Dia pun jadi haus darah.

Morbius di komik Marvel dan Spider-Man.Morbius di komik Marvel dan Spider-Man. Foto: dok. Marvel Comics

4. Morbius, Spider-Man, dan Lizard

Di komik The Amazing Spider-Man volume 101, Morbius pergi ke Amerika dan bertemu dengan Dr Curt Connors atau yang dikenal juga sebagai Lizard. Di tempat itu, dia juga berjumpa Spider-Man yang kebetulan sedang bermasalah karena tiba-tiba empat lengan tambahan tumbuh di tubuhnya. Terjadi pertarungan antara Spider-Man dan Morbius dan sebelum Morbius kabur, dia menggigit Dr Connors yang rupanya menyembuhkannya dari berubah jadi Lizard.

5. Hubungan dengan karakter Marvel

Dari tahun ke tahun di komik Morbius telah berhadapan dengan sederet karakter di semesta Marvel. Mulai dari Fantastic Four, Ghost Rider, Doctor Strange, Frankenstein-Punisher, hingga Blade. Morbius bahkan pernah bekerja untuk S.H.I.E.L.D buat menangkap Blade.

Dalam film kerja sama Sony dan Marvel nanti, kita masih belum tahu posisi Morbius di Spider-Man Universe dan MCU. Akan sejauh apa kaitan antara dirinya dengan karakter-karakter Marvel yang sudah dibuat film sejauh ini dan bagaimana Sony dan Marvel menjahit cerita Morbius buat masuk ke MCU.

Morbius di komik Marvel dan Spider-Man.Morbius di komik Marvel dan Spider-Man. Foto: dok. Marvel Comics
(aay/dal)