ADVERTISEMENT

Siapa Matt Murdock di Semesta Marvel?

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 17 Des 2021 20:26 WIB
Matt Murdock/Daredevil
(Foto: dok. Marvel/Marvel Comics) Sejarah Matt Murdock dengan karakter-karakter di semesta Marvel terbilang panjang. Namanya kini tengah jadi perbincangan.
Jakarta -

Matt Murdock merupakan salah satu karakter di Marvel Comics yang juga adalah sosok di balik nama Daredevil. Komik Daredevil volume 1 menjadi momen kemunculan dan perkenalan pertama Matt Murdock ke semesta Marvel.

Matt punya saudara laki-laki bernama Mike. Dia dibesarkan oleh Jonathan Murdock, sang ayah, yang ingin kedua anaknya sukses. Jonathan ingin Matt jadi seorang dokter atau pengacara. Pengalamannya di-bully membuat Matt termotivasi untuk jadi lebih kuat dan melatih dirinya di sasana olahraga.

Di komik, Matt mendapat kekuatan setelah menyelamatkan pria buta yang nyaris tertabrak truk. Tabrakan terjadi dan isotop radioaktif tumpah membutakan Matt. Dalam masa pemulihan, semua inderanya berubah jadi tak biasa bahkan mencapai tingkat kemampuan manusia super.

Sejarah Matt Murdock dengan karakter-karakter di semesta Marvel terbilang panjang. Dia pernah menjadi pengacara Fantastic Four di satu momen. Juga pernah jadi pacar Natasha Romanoff sang Black Widow meski berujung putus dan akhirnya berteman. Sosok yang tak bisa dipisahkan dari Daredevil/Matt Murdock adalah Elektra.

Dalam cerita Spider-Man, Matt Murdock pernah terlibat dalam pertarungan melawan Mysterio. Dia juga pernah ikut serta di masalah-masalah yang melibatkan Kingpin yang kemudian membawanya berhadapan dengan Echo/Maya Lopez. Setelah beberapa edisi komik, Daredevil kemudian bergabung dalam New Avengers dan membentuk tim khusus bersama Spider-Man dan Punisher buat mengalahkan sindikat kejahatan.

Matt Murdock/DaredevilMatt Murdock/Daredevil Foto: dok. Marvel/Marvel Comics

Dalam serial Daredevil produksi Marvel Television yang tayang di Netflix, Matt Murdock diperankan oleh Charlie Cox. Beraksi di New York, Daredevil menumpas kejahatan dalam dua cara: sebagai pengacara di siang hari, dan pahlawan bertopeng di malam hari.

Matt Murdock punya kemampuan mendengarkan suara setajam kelelawar bahkan lebih. Semua inderanya bekerja secara luar biasa sehingga dia bisa merasakan segala hal yang ada di sekitarnya bahkan perubahan tekanan udara hingga getaran-getaran sekecil apapun. Dia juga punya kemampuan echolocation hingga pendeteksi kebohongan.

Berkat latihan yang dilakukannya sejak kecil, Matt Murdock jago bela diri. Gaya berkelahi Daredevil mencakup boxing, muay Thai, wushu, judo, hingga silat. Dia juga pernah berlatih bela diri dengan tongkat hingga fasih menggunakan senjata ini dalam pertarungan. Di sisi lain, Matt Murdock fasih berbahasa Spanyol dan juga suka musik. Dia jago main piano berkat kemampuan indera sentuhannya yang melampaui manusia biasa.

(aay/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT