Jackie Chan, Andy Lau, Jet Li hingga Stephen Chow Berutang pada Pria Ini

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 01 Des 2021 19:43 WIB
Alexander Fu Sheng
Alexander Fu Sheng, aktor legendaris Hong Kong. Dok. Ist
Jakarta -

Ada banyak nama aktor besar di industri film mandarin seperti Jackie Chan, Andy Lau, Jet Li hingga Stephen Chow yang ternyata berutang pada seorang pria bernama Alexander Fu Sheng. Meski tak dikenal seperti lainnya, Fu Sheng merupakan salah satu aktor laga ternama Hong Kong pada era 1970-an.

Ia disebut-sebut sebagai salah satu pembawa era baru di industri perfilman di sana dan memberikan pengaruh besar pada karir beberapa aktor setelahnya. Bagaimana membuat seni beladiri jadi terlihat indah di kamera, menjadi salah satu kelebihan dari Fu Sheng.

Kharismanya pun layak untuk disandingkan dengan Bruce Lee kala itu. Meski hampir sama dengan sang legenda, Fu Sheng meninggal di usia yang sangat muda yakni 28 tahun pada 1983 usai mobil Porsche 911 yang dikendarainya kecelakaan.

Pemakamannya pun dihadiri hingga 3000 lebih fans dan juga 2000 rekan-rekan artis maupun kru film yang pernah bekerjasama dengannya. Lalu bagaimana garis merah antara Fu Sheng dengan aktor-aktor saat ini?

Dalam sebuah wawancara, salah seorang pelatih beladiri langganan para aktor yakni Chang Cheh mengungkapkan jika Fu Sheng merupakan patokan dan acuan banyak aktor di era setelahnya.

"Alexander Fu Sheng adalah aktor yang brilian. Ia sangat berkarakter dan memiliki kedalaman dalam dialog maupun bagian aksi. Ia pun punya sensitivitas komedi yang baik. Dalam beberapa cara ia seperti sebuah acuan dari Jackie Chan, Stephen Chow, Jet Li hingga Andy Lau. Aku tak melihat lagi adanya kilauan seperti yang dimilikinya setelah ia wafat," ungkapnya dalam biografi sang aktor.

Alexander Fu ShengAlexander Fu Sheng Foto: Dok. Ist

Fu juga dikenal kerap melakukan adegan aksi berbahayanya sendiri. Dalam film Heroes Shed No Tears, ia bahkan sempat mengalami cedera saat jatuh dari ketinggian 3 meter lebih setelah kabel penyangganya putus.

Fu Sheng dicap sebagai pembawa karakter xiaozi dalam industri film Hong Kong. Karakter bocah nakal itu pun yang dianggap jadi salah satu warisan bagi para aktor muda setelahnya. Ternyata hal yang ditampilkannya di layar merupakan pembawaan asli dari sang aktor.

Masa muda Fu dijalani seperti halnya seorang rockstar. Ia dikenal sebagai anak yang tak patuh dan kerap berkelahi dengan siapapun. Lahir dari keluarga kaya raya, Fu tak tertarik begitu tertarik dengan sekolah dan memilih mempelajari ilmu beladiri.

Alexander Fu ShengAlexander Fu Sheng Foto: Dok. Ist

"Ketika siapapun membuatnya kesal, ia akan bertarung dengannya. Tak peduli siapapun itu, teman sekelasnya, guru atau bahkan kepala sekolah," tulis Terrence J Brady dalam buku biografi Alexander Fu Sheng: Biography of the Chinatown Kid.

Sifat tersebut pun membuat Fu kabur dari rumah di usia remaja dan memutuskan untuk bekerja sebagai kuli dengan pamannya. Pada momen itu pula ia melihat adanya audisi untuk aktor baru di Shaw Bros dan mendaftar lalu diterima hingga akhirnya ia dilatih di sana selama 3 tahun.

"Ia belajar akting di show untuk memahami arti film, jadi ia bisa menyempurnakan seni (beladiri nya). Ia tak bekerja di industri film karena uang," ungkap salah satu lawan mainnya, Ti Lung.

Namun tak panjang karirnya di industri hiburan karena sang bocah nakal itu menghembuskan nafas terakhirnya pada 1983, Ia meninggal dunia karena beberapa cedera fatal yang dialaminya saat kecelakaan mobil. Ironisnya SIM miliknya kala itu diblokir karena kerap melanggar lalu lintas sehingga ia meminta sang kakak, Cheung Chung untuk mengemudikan mobilnya itu.



Simak Video "Jet Li dan Sejumlah Artis Masuk Daftar Hitam Pemerintah China"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/wes)