ADVERTISEMENT

Kisah Film Terbaik China yang Sempat Terkendala Masalah Dana

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Jumat, 05 Nov 2021 08:24 WIB
Film Mr Donkey
Mr Donkey, film terbaik China pada 2016. Dok. Ist
Jakarta -

Sudah pernah menyaksikan film Mr Donkey? Film ini pernah menjadi salah satu yang terbaik di China pada tahun 2016. Padahal biaya produksi film ini sangat terbata. Selain itu, aktor yang membintanginya pun bukanlah orang-orang ternama.

Mr Donkey merupakan film drama komedi Tiongkok yang rilis pada bulan Oktober 2916 silam. Film yang digarap oleh Zhuo Shen dan Liu Lu selaku sutradara ini memiliki durasi sepanjang 53 menit. Film ini menceritakan tentang usaha sekelompok orang untuk mendapatkan lebih banyak dana dari pemerintah daerah.

Meskipun dalam produksi film ini biayanya terbatas, Mr Donkey menjadi salah satu film terbaik di China pada tahun 2016. Meskipun saat itu belum banyak penonton internasional yang mengetahui tentang film ini. Kurangnya pemain terkenal dalam film ini menjadi salah satu faktor turunnya minat masyarakat selama empat tahun terakhir.

Awalnya, kisah ini diangkat dari penampilan drama panggung hits di tahun 2012. Lalu Zhou Shen dan Liu Lu berinisiatif untuk mengangkat kisah drama itu menjadi skenario film, agar menjangkau penonton yang lebih luas.

"Kami ingin menjadikan Mr Donkey sebagai film yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan. Selama film ini dapat membuat penonton tertawa dan kagum, itu sudah sepadan dengan dana yang dikeluarkan mereka untuk membeli tiket film," ungkap Zhou dikutip dari Radii China.

Karena masalah pendanaan, Zhou dan Liu membutuhkan waktu empat tahun untuk membuat film ini hadir di bioskop saat itu. Menariknya, Mr Donkey merupakan film pertama yang mereka buat bersama. Mereka memutuskan untuk menggunakan aktor biasa bukannya selebriti ternama karena ingin mengontrol kualitas film. Keputusannya itu sempat membuat takut para investor.

Bahkan, akhirnya mereka meluncurkan produksinya dengan menggunakan sisa uang dalam tabungan mereka. Untungnya, sinematografi kelahiran Taiwan bernama Jong Lin, yang terkenal melalui karyanya dalam film-film garapan Ang Lee datang membantu proyek film tersebut.

Film ini pun dapat menghasilkan 60 juta yuan atau 9,27 juta US dolar dalam tiga hari pertama penayangan di bioskop, dan menembus box office dengan pendapatan 174 juta yuan.



Simak Video "Diteror Netizen, Vidi Aldiano Akhirnya Ketemu Henry Lau"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT