Adegan Ikonik Auman Singa Kungfu Hustle, Yuen Qiu Ternyata Gadis Terkeren

tim detikhot - detikHot
Jumat, 29 Okt 2021 11:16 WIB
Yuen Qiu pemilik jurus Auman Singa di Kungfu Hustle
Foto: dok Today Online
Jakarta -

Kalian pasti asing dengan nama Yuen Qiu. Tapi, jika melihat adegannya di Kungfu Hustle, artis Hong Kong itu adalah salah satu sosok paling ikonik.

Di film garapan Stephen Chow tersebut, Yuen Qiu berperan sebagai pemilik perumahan kumuh yang galak saat menagih uang sewa. Selain jadi perokok berat, Yuen Qiu juga dikisahkan punya jurus auman singa.

Penampilannya di Kungfu Hustle juga membuat imagenya terbentuk. Tapi ternyata, Yuen Qiu pernah mendapatkan julukan sebagai gadis paling cantik di sekolah.

Ketika berusia 10 tahun, Yuen Qiu sudah masuk grup opera di sekolahnya. Tujuh anak itu juga dipilih karena prestasinya sebagai siswa terbaik Akademi Drama China. Mereka juga dengan intens dilatih dalam seni bela diri.

Dari ketujuh anak itu, anggota lainnya termasuk Jackie Chan dan Sammo Hung. Yuen Qiu satu angkatan dengan kedua bintang tersebut yang artinya bisa menendang sama baiknya dengan mereka.

Sayangnya, Yuen Qiu kesulitan menemukan ketenaran setelah bergabung di dunia hiburan sebagai stuntwoman. Sebelum Kungfu Hustle, salah satu penampilan filmnya yang menonjol adalah di film James Bond 1974 The Man with the Golden Gun.

Di sana, ia bukan menjadi bond girls, tapi mendapatkan peran kecil sebagai siswa yang bertarung menemani Roger Moore.

Yuen Qiu pemilik jurus Auman Singa di Kungfu HustleYuen Qiu pemilik jurus Auman Singa di Kungfu Hustle Foto: dok Today Online

Pada tahun 1985, Yuen Qiu menikah dengan direktur seni bela diri Lu Chun Ku. Setelah itu, ia pensiun dari dunia akting, memilih konsentrasi merawat kedua anak mereka.

Meskipun Jackie Chan dan Sammo Hung menawarkan untuk membantu mengambalikan kariernya, baru 18 tahun kemudian, Yuen Qiu kembali.

Seperti yang kita duga, comeback itu menghasilkan sebuah karya ikonik. Ia tampil di Kungfu Hustle pada 2003.

Yuen Qiu dikisahkan, menemani dua temannya ikut audisi untuk film tersebut. Ia ternyata menarik perhatian sutradara, produser dan aktor, Stephen Chow. Padahal kala itu, Yuen Qiu tidak ikutan audisi. Tapi, Stephen Chow melihat Yuen Qiu yang duduk sambil merokok di sudut ruangan.

Menurut berbagai sumber, Stephen Chow kemudian mendatangi Yuen Qiu ke rumahnya. Stephen kala itu melihat Yuen Qiu tengah bermain mahjong sambil merokok.

"Kamu mau apa? Jangan hentikan saya main mahjong," katanya seperti dilansir Today Online.

Tapi Stephen Chow tak tersinggung dengan ucapan itu. Ia justru seperti menemukan sosok yang selama ini diinginkan untuk peran dalam Kungfu Hustle.

Yuen Qiu kemudian setuju, ia pun tak mau setengah-setengah. Bahkan kabarnya, ia sangat berdedikasi untuk peran tersebut dengan rela menambah 14kg berat tubuhnya dalam dua bulan sebelum syuting dimulai.

Aktingnya itu pun membuahkan penghargaan sebagai Best Supporting Actress pada ajang Golden Horse Awards 2005. Bahkan setiap adegan yang dimainkannya di film itu pun menjadi legendaris.

Yuen Qiu pemilik jurus Auman Singa di Kungfu HustleYuen Qiu pemilik jurus Auman Singa di Kungfu Hustle Foto: dok Today Online


Simak Video "Kabar Terbaru soal Kasus Stephen Chow VS Mantan Pacar"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/dar)