Peraturan Baru China, Cantumkan Nominal Gaji Aktor di Drama

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Selasa, 26 Okt 2021 17:29 WIB
Rekomendasi Drama China
Pemerintah wajibkan mencantumkan gaji para aktor drama China. dok. iQiyi
Jakarta -

Saat ini produksi drama China diminta untuk mencantumkan berapa nominal yang didapatkan pemain sebelum mereka diizinkan untuk ikut bermain. Peraturan baru ini ditetapkan untuk pencegahan seorang aktor atau aktris mendapatkan bayaran lebih.

Seperti yang kita ketahui, beberapa peraturan baru yang dikeluarkan showbiz rupanya menimbulkan banyak kontroversi dari masyarakat. Tetapi, untuk salah satu peraturan ini justru mendapatkan komentar positif dari warganet.

Radio dan Televisi Kota Beijing telah mengumumkan bahwa seluruh drama yang akan tayang harus memberikan pernyataan atau laporan terkait biaya produksi dan memverifikasi perizinan sebelum ditayangkan.

Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam industri hiburan China dan diyakini untuk menghindari pembayaran aktor atau aktris dengan nominal tinggi. Peraturan baru ini juga menyatakan bahwa perusahaan produksi sebuah drama, kini memiliki tanggung jawab secara hukum jika terjadi sebuah pelanggaran. Hal tersebut tentu menjadi sebuah tekanan besar pada perusahaan yang terlibat dalam kontrak itu.

Zheng Shuang pernah dilaporkan karena telah membuat empat kontrak dengan produser A Chinese Ghost Story dan dibayar 160 juta yuan atau Rp 355 miliar selama 77 hari kerja. Secara tidak langsung, Zheng Shuang mendapatkan bayaran sekitar 2 juta yuan atau Rp 4,2 miliar per harinya.

Peraturan baru tersebut menjadi populer sejak rumah produksi menawarkan gaji tinggi kepada para bintang ternama dengan harapan mereka dapat menarik sponsor dan para aktor tidak perlu membayar pajak dalam jumlah besar.

Oleh karena itu, dalam peraturan baru dinyatakan bahwa jumlah yang dibayarkan sebagai gaji para aktor harus berada dalam persentase tertentu dari total biaya produksi drama.

Meskipun persentasenya belum ditetapkan secara resmi, setidaknya total gaji pemain harus berada dalam 40% dari total biaya produksi drama. Gaji aktor utama juga harus berada dalam 10% dari total biaya produksi drama.



Simak Video "Larangan Pria Feminin Tampil di Televisi China"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)