Usai Ramai Daftar Hitam, Pemerintah China Gelar Pelatihan Bagi Para Artis

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Kamis, 21 Okt 2021 09:07 WIB
Vicky Zhao Instagram
Vicky Zhao masuk dalam daftar hitam pemerintah China. Dok. Instagram/vicki_zhaowei
Jakarta -

Aktris asal Tiongkok, Sun Li dan Tang Yan terlihat sedang mengikuti pelatihan di hari ke dua yang diselenggarakan pemerintah China. Pelatihan ini diselenggarakan dengan maksud dan tujuan untuk memperbaiki tren yang tidak sehat di industri hiburan negara China.

Sebelumnya, sempat dikabarkan bahwa beberapa aktor dan aktris ternama telah masuk dalam daftar blacklist oleh pemerintah China. Sederet selebriti papan atas itu antara lain, Vicki Zhao, Jet Li, Kris Wu, dan Zhang Zhehan. Selebriti yang masuk dalam daftar blacklist itu dianggap memiliki pengaruh buruk karena pernah terlibat dalam perilaku kriminal yang dianggap tidak bermoral.

Saat ini, pemerintah China tampaknya ingin memastikan selebriti yang tidak termasuk dalam daftar blacklist dapat berperilaku yang baik dan tidak melanggar hukum selayaknya public figure.

Oleh karena itu, Departemen Budaya dan Pariwisata, Sastra dan Seni Shanghai, serta Departemen Publisitas menyelenggarakan sebuah program berupa 'Kelas pelatihan dalam seni dan kebajikan bagi penulis serta seniman'.

Beberapa artis China saat hadiri pelatihan oleh Pemerintah.Beberapa artis China saat hadiri pelatihan oleh Pemerintah. Foto: Dok. Ist

Hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki tren tidak sehat dalam industri hiburan dan meningkatkan literasi politik, kesadaran untuk mematuhi hukum yang berlaku, dan nilai-nilai dalam bermoral.

Kursus yang dilaksanakan selama dua hari ini telah dihadiri peserta sebanyak kurang lebih 200 orang profesional dari kalangan industry sastra dan seni Shanghai. Diantara peserta yang hadir itu, terdapat dua aktris China, yakni Sun Li dan Tiffany Tang Yan.

Dikutip dari 8 Days, dalam sebuah wawancara, Sun Li mengungkapkan bahwa kelas yang dihadirinya itu membantunya untuk lebih memahami tentang nilai-nilai, tanggung jawab sosial, dan arah apa yang akan ia tuju untuk sukses dalam pekerjaannya.

Para peserta yang menghadiri kursus sangat antusias dan benar-benar memperhatikan materi yang disampaikan.



Simak Video "Perintah Keras China soal Pendidikan Para Artis Cilik "
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)