Daftar Hitam Pemerintah China, Vicky Zhao, Jet Li hingga Kris Wu

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Rabu, 20 Okt 2021 16:09 WIB
Vicky Zhao Instagram
Daftar hitam pemerintah China. Dok. Instagram/@vicki_zhaowei
Jakarta -

Ada sejumlah selebriti yang tersangkut masalah dan dimasukan dalam sebuah daftar hitam milik pemerintah China. Hal itu pun membuat kegaduhan di media sosial hingga masyarakat luas.

Tidak hanya Vicky Zhao, sederet artis China lainnya seperti Kris Wu, Zhang Zhehan, dan Jet Li kena blacklist pemerintah China. Oleh sebab itu, pihak televisi Nasional harus berhati-hati untuk memiliki aktor, aktris, dan bintang tamu yang diundang dalam sebuah program acara televisi.

Pemerintah China telah mengeluarkan banyak aturan baru yang melibatkan dunia industri hiburan di negaranya. Peraturan tersebut harus diikuti oleh seluruh pihak televisi Nasional di China.

Salah satu peraturan yang dikeluarkan oleh China Association of Performing Arts ialah melarang aktris dan aktor yang dianggap memiliki perilaku buruk. Mereka dilarang keras untuk muncul di seluruh program televisi China.

Aturan tersebut dibuat untuk aktor dan aktris yang pernah terjerat kasus pelanggaran hukum seperti, narkoba, penipuan, dan sebagainya. Melalui aturan-aturan tersebut, pemerintah China menindaklanjutinya dengan memboikot beberapa aktor dan aktris yang pernah terkena kasus pelanggaran hukum itu untuk tidak lagi tampil di seluruh saluran televisi China.

Bahkan, pemerintah China juga melakukan pemblokiran akun media sosial yang digunakan para selebriti. Mereka juga melenyapkan seluruh konten video yang menampakkan wajah para selebriti yang termasuk dalam daftar tersebut.

Media pemerintah China, Global Times, menyebutkan bahwa Vicky Zhao telah terlibat banyak skandal. Mulai ari masalah bisnis investasi, saham di Alibaba Pictures Group, hingga perusahaan milik Jack Ma.

Sedangkan Kris Wu kehilangan panggung karena dugaan telah terlibat kasus pemerkosaan dan kekerasan seksual. Perwakilan industri hiburan di China yang bekerja sama dengan platform seperti iQiyi bahkan menghapus seluruh konten yang berisi Kris Wu.

Selain itu, aktor Zhang Zhehan juga terlibat kasus yang memicu kontroversi karena telah melakukan foto selfie di tempat pemakaman tentara Jepang.

Padahal tempat tersebut dirawat dengan baik oleh masyarakat China sebagai tempat penghormatan terakhir kepada tentara Jepang. Tindakannya dinilai sangat tidak layak dan memberi pengaruh buruk.

Aktor Jet Li juga masuk dalam daftar blacklist di China. Hal ini disebabkan karena adanya pembatasan untuk selebriti kewarganegaraan asing. Jet Li merupakan aktor berkebangsaan Singapura, tetapi ia sukses di China.



Simak Video "Eksistensi Vicky Zhao 'Dilenyapkan' China, Apa Alasannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)