Rosamund Kwan, Idola '80-an dan Lawan Main Andy Lau yang Betah Melajang

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Selasa, 28 Sep 2021 07:35 WIB
Rosamund Kwan
Rosamund Kwan, idola era '80-an yang masih betah melajang. Dok. Instagram
Jakarta -

Aktris legendaris Mandarin, Rosamund Kwan, memutuskan dirinya untuk menghabiskan sisa hidupnya sendiri tanpa pasangan meski digilai oleh banyak pria sejak era 80'an.

Wanita dengan nama lengkap Rosamund Kwan Chi Lam merupakan aktris legendaris asal Hong Kong. Ia dikenal sebagai blasteran yang berasal dari ayahnya yang memiliki keturunan Shenyang dan ibunya yang berasal dari Shanghai.

Rosamund pernah menempuh pendidikan di Maryknoll Convent School in Kowloon Tong, Hong Kong. Dalam perjalanan karirnya, ia mengawali dengan bermain akting dalam sebuah opera ATV Agency 24. Ia dianggap memiliki kemampuan akting yang bagus saat itu. Kemudian, Rosamund pun mendapatkan kesempatan untuk debut pada film The Head Hunter tahun 1982.

Dalam debutnya, ia bermain bersama Chow Yun-fat. Di kesempatan berikutnya, ia juga dapat tampil dan bermain peran bersama artis mandarin ternama seperti, Jackie Chan, Sammo Hung, dan Yuen Biao dalam film Twinkle, Twinkle Lucky Stars (1985).

Ia pun menanjaki karirnya dalam sejumlah film dan drama. Tidak jarang, ia memainkan peran dalam film action. Sejak saat itu, Rosamund dikenal sebagai aktris yang berperan dalam film laga. Sukses dengan tampil dalam Twinkle, Twinkle, Lucky Stars (1985), ia kembali beradu akting dengan Jackie Chan dalam Armour Of God (1994).

Tidak hanya dengan Chan, Rosamund juga mendapatkan tawaran untuk beradu akting dengan Jet Li pada film Swordsman II (1992) dan Dr. Wai and The Scripture Without Words (1996). Karena kemampuannya dinilai cocok untuk beradu akting dengan Jet Lee pada film-film tersebut, ia pun ditawarkan untuk bermain dalam sekuel film Once Upon A Time In China (1991-1997).

Rosamund KwanRosamund Kwan dan Andy Lau. Foto: Dok. Instagram

Wanita kelahiran 24 September 1962 ini juga pernah ditawari untuk bermain peran bersama Andy Lau dalam beberapa film. Bahkan, ia pun merilis lagu berduet dengan Andy Lau yang bertajuk Love Forever.

Meski memiliki karir yang cukup sukses dalam industri hiburan, Rosamund memiliki kegagalan dalam menjalin hubungan pernikahan sebanyak dua kali. Hingga akhirnya, ia pun memutuskan untuk fokus pada pekerjaannya dan merasa cukup menjalani hidup seorang diri tanpa pasangan.

Rosamund KwanPenampilan Rosamund Kwan saat ini Foto: Dok. Instagram

"Saat ini, saya memilih untuk menghabiskan waktu mengerjakan proyek dan saya menjalani kehidupan yang santai sendirian" ujarnya dikutip dari Prestige.

(ass/ass)