Gong Li Cabut Dari WN Singapura, Dikritik Ujung-ujungnya Duit

tim detikhot - detikHot
Senin, 25 Okt 2021 09:30 WIB
Gong Li
Gong Li Foto: Getty Images/Vittorio Zunino Celotto
Jakarta -

Sebulan yang lalu, Nicholas Tse mengungkapkan dirinya melepaskan kewarganegaraan Kanada. Kini muncul berita Gong Li bukan lagi WN Singapura.

Artis berusia 55 tahun tersebut diberikan kewarganegaraan Singapura pada 2008, setelah lebih dari satu dekade pernikahannya pada 1996 dengan taipan tembakau Ooi Hoe Seong. Mereka bercerai pada 2010, namun Gong Li masih memegang kewarganegaraan Singapura.

Kini, Gong Li terikat pernikahan dengan musisi Prancis, Jean-Michel Jarre. Keduanya bertemu di sebuah acara pada 2017 dan memutuskan untuk menikah pada 2019.

Tapi kemudian, muncul berbagai kritik dari netizen Tiongkok yang menuduhnya sebagai artis yang cuma meraup uang di negeri Tirai Bambu saja.

Pemerintah China juga meluncurkan Operasi Qinglang, yang bertujuan untuk melarang perilaku buruk di internet terutama dari sektor budaya dan hiburan. Mereka juga sudah melakukan gerakan nyata dengan melenyapkan para artis yang bermasalah dari internet.

Tak cuma itu, pemerintahan juga melayangkan daftar hitam artis China yang merupakan warga negara asing. Gong Li termasuk di antara mereka.

Kini muncul kabar dari media Tiongkok, Gong Li telah melepaskan kewarganegaraan Singapura. Ia juga telah mengajukan permohonan kewarganegaraan China. Netizen langsung bereaksi mendengar kabar itu. Terutama kritik pedas yang menyebutnya melakukan itu hanya demi meraup uang dan mengamankan dompetnya.

Kehidupan Gong Li memang selalu jadi sorotan, khususnya kisah asmaranya. Ia pernah diterpa rumor menjadi selingkuhan sutradara Zhang Yimou selama 8 tahun.

Rumah tangga wanita kelahiran 31 Desember 1965 itu, bersama Jean-Michel Jarre juga kerap jadi perhatian. Terlebih usia Jarre yang terpaut 18 tahun lebih tua darinya.

"Saya mengenal Gong Li sejak lama. Saya mengenalnya secara personal. Dia seorang aktris bertalenta, dia mewakili wajah wanita Cina moderen," ujar Jarre dalam sebuah acara televisi China.




Simak Video "Rayakan Ultah ke-35, Rian D'Masiv Bagi-bagi Makanan ke Jalanan "
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)