Gong Li, Wajah Manis Asia di Sinema Dunia

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Selasa, 14 Sep 2021 07:33 WIB
Penampilan Gong Li di beberapa film.
Gong Li, aktris Mandarin yang sukses di sinema dunia. Dok. Ist
Jakarta -

Para penggemar film Mandarin, ingatkah dengan sosok aktris cantik bernama Gong Li? Tidak hanya memerankan film-film Mandarin, ia merupakan aktris yang sangat dikenal di Eropa dan Amerika.

Awal kesempatan Gong Li menjadi aktris besar bermulai dari pertemuannya bersama sutradara Zhang Yimou dalam pementasan drama sekolahnya. Kemampuan akting Gong Li diakui secara internasional melalui debut film Red Sorghum (1987) bersama Sutradara Zhang Yimou.

Dalam film tersebut Li mendapat peran sebagai My Grandma, merupakan perempuan perkasa yang berusaha untuk mengambil alih kekuasaan yang direbut musuh mendiang suaminya. Sejak debutnya tersebut, Gong Li berkesempatan untuk bermain di beberapa film Garapan sineas China.

Film yang pernah Ia bintangi di antaranya, Ju Dou (1990) sebagai Ju Dou, Raise The Red Lantern (1991) sebagai Songlian, dan film hero komedi The Story Of Qiu Ju (1992) sebagai Qiu Ju yang merupakan seorang petani dengan niat balas dendam atas perilaku yang diterima suaminya secara tidak adil.

Selain itu, Gong Li juga pernah berperan dalam film Farewell To My Concubine pada 1993 sebagai Juxian yang mengantarkan dirinya sebagai peraih Palme d'Or pada festival Cannes dalam kategori film terbaik.

Penampilan Gong Li di beberapa film.Penampilan Gong Li di film Curse of the Golden Flower (2006). Foto: Dok. Ist

Film dengan bahasa Inggris yang diperankannya pertama kali ialah Chinese Box (1997) sebagai Vivian dan lagi-lagi dapat mengantarkan dirinya untuk masuk dalam daftar nominasi Oscar pada kategori Film Berbahasa Asing Terbaik Tahun 2000.

Sejak momentumnya itu, Gong Li semakin sukses dan mendapatkan tawaran untuk bermain dalam film termahal di Asia saat itu yang berjudul The Emperor and The Assassin (1998).

Film tersebut menceritakan kisah penguasa pertama di China (Li Xuejian) yang akan membunuh penguasa (Zhang Fengyi) dan wanita yang dicintainya (Gong Li).

Baru-baru ini, wanita kelahiran 31 Desember 1965 juga ikut berperan dalam film Live Action keluarga berjudul Mulan (2020) sebagai Xian Lang.

Kehidupan pribadi Gong Li pun selalu jadi sorotan, khususnya kisah asmaranya. Setelah sempat menjadi selingkuhan sutradara Zhang Yimou selama 8 tahun, ia kini telah resmi menjadi istri dari Jean Michel Jarre, komposer asal Prancis.

Hubungan tersebut menuai sorotan gegara usia Jarre yang terpaut 18 tahun lebih tua darinya atau 73 tahun. Sadar hubungannya jadi perbincangan publik, Gong Li pun cuek.

Penampilan Gong Li di beberapa film.Penampilan Gong Li dan Andy Lau di Wahat Women Want (2011). Foto: Dok. Ist

Jarre justru lebih terbuka dan santai menanggapi cibiran tersebut. Ia mengakui jika ini adalah resikonya menikahi seorang aktris paling populer di China.

"Saya mengenal Gong Li sejak lama. Saya mengenalnya secara personal. Dia seorang aktris bertalenta, dia mewakili wajah wanita Cina moderen," ujar Jarre dalam sebuah acara televisi China.

Keduanya bertemu di sebuah acara pada 2017 lalu dan memutuskan untuk menikah pada 2019.



Simak Video " Ariel Tatum Sedih Tinggalkan Kucing Kesayangan Jelang Syuting di Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)