Karier Andy Lau Sebelum Serial The Return of The Condor Heroes

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Jumat, 17 Sep 2021 20:20 WIB
Idy Chan dan Andy Lau
Serial perdana Andy Lau sebelum The Return of the Condor Heroes. Dok. Instagram
Jakarta -

Aktor ternama asal Hong Kong, Andy Lau memulai debutnya dalam film serial TV berjudul Hunting pada 1982. Setelah debutnya itu, ia pun memainkan ratusan film yang hingga akhirnya dikenal di dunia.

Andy Lau merupakan aktor, produser, pembawa acara, dan penyanyi asal Hong Kong. Sejak debut sebagai aktor asal China dalam serial TV yang disiarkan stasiun TVB seperti Boat People (1982) hingga akhirnya ia dipercaya membintangi sejumlah film ternama.

Sejumlah film Asia yang pernah ia bintangi dahulu di antaranya, The Return of The Condor Heroes (1983) sebagai Yang Guo (Yoko), A Moment of Romance (1990) sebagai Wh Dee, Lee Rock (1991) sebagai Lee Rock, Future Corps (1993) sebagai Ti Man dan Full Throttle (1995) sebagai Joe.

Selain berkarir dalam industri film, Andy Lau juga memasuki dunia musik sejak tahun 1985. Ia mendapat kesempatan bekerja sama dengan salah satu label musik daerah Hong Kong.

Poster film Boat People (1982)Poster film Boat People (1982) Foto: Dok. Ist

Karir dalam musiknya pun dapat terbilang sukses dan sejajar dengan artis lainnya seperti, Jacky Cheung, Aaron Kwok, dan Leon Lai. Mereka pun disebut sebagai The Cantonpop Four Heavenly Kings.

Album debutnya bertajuk 'Only Know that I Still Love You'. Hingga saat ini, ia sudah mengeluarkan 60 album musik dan konser tuggalnya.

Andy Lau pun memiliki lawan main aktris cantik Hong Kong di dalam beberapa film romantisnya. Para aktris yang sempat menjadi lawan main Andy Lau di antaranya, Idy Chan, Maggie Cheung hingga Cherie Hung.

Kemudian, ia juga telah menggarap beberapa film terkenal di Hong Kong sebagai produser. Hasil karya filmnya antara lain, Made in Hong Kong, A Simple Life, dan A Fighter's Blues.

Sepanjang perjalanan karirnya yang sudah bertahun-tahun, tentu Andy Lau telah memperoleh banyak prestasi serta penghargaan. Salah satu penghargaan yang pernah ia terima pertama kali ialah Most Popular Male Artis pada Jade Solid Gold Best Ten Music Awards tahun 1990.



Simak Video "Tom Holland Beri Isyarat Pensiun Jadi Spider-Man?"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)