The Grotesque Mansion: Uji Nyali Sang Penulis Horor di Apartemen Penuh Teror

Anarani Kifaya - detikHot
Jumat, 17 Sep 2021 10:45 WIB
The Grotesque Mansion
Film horor The Grotesque Mansion yang ramai diperbincangkan di medsos. Dok. Ist
Jakarta -

Sudah sewajarnya jika seorang penulis melakukan riset demi menciptakan karya. Serangkaian survey dijajal mulai dari mengajukan wawancara kepada pihak tertentu, mengikuti kegiatan seorang pekerja agar lebih menghayati penulisan, hingga mendatangi suatu tempat supaya bisa merasakan sendiri atmosfer sebelum dituangkan ke sebuah goresan.

Situasi ini juga berlaku bagi Ji Woo (Sung Joon), penulis web komik horor di film The Grotesque Mansion atau The Night Shift. Dalam rangka membuat ceritanya terlihat lebih meyakinkan pembaca, ia memutuskan untuk bertandang ke apartemen kumuh bernama Gwanglim Mansion.

Di sana Ji Woo bertemu dengan kakek penjaga apartemen yang diperankan oleh Kim Hong Pa. Ji Woo meminta kakek penjaga untuk menumpahkan semua cerita janggal di Gwanglim Mansion yang menjadi rahasia umum. Satu per satu cerita mencekam mulai mengalir keluar.

Diawali dari penulis bernama Hyun Hoon (Lee Chang Hoon) yang pernah menempati kamar nomor 504. Ia memilih untuk menyendiri sampai penulisan novelnya rampung. Alih-alih mendapat ilham penulisan, Hyun Hoon malah diganggu oleh sekumpulan hantu anak kecil.

Rupanya pernah terjadi kebakaran di bangunan tersebut yang korbannya kebanyakan anak kecil karena tidak sempat menyelamatkan diri. Sering dihantui makhluk halus dan tulisan yang tak kunjung kelar membuat Hyun Hoon pusing.

Ia pun pergi ke apotek mencari obat sakit kepala dan dilayani oleh apoteker Sun Hwa (Park So Jin). Tentunya meminum obat pereda pusing tidak membuat Hyun Hoon terbebas dari sekelompok setan bocah itu. Gangguan terus berdatangan. Bisakah Hyun Hoon menyelesaikan tulisannya?

Film The Grotesque MansionFilm The Grotesque Mansion Foto: Dok. YouTube

Cerita kedua dari sang apoteker Sun Hwa. Ia mempunyai pacar yang sudah beristri. Lebih parahnya lagi, kekasih Sun Hwa baru saja membunuh istrinya. Sun Hwa pun berusaha menutupi kelakuan jahat pacarnya.

Meskipun sudah dirahasiakan dari publik, setan tetap bisa mengendus perbuatan jahat manusia. Sun Hwa pun turut kena teror dari 'penghuni' apartemen Gwanglim. Ia kerap mendengar suara pacarnya dari kamar mandi padahal si kekasih sedang tidak berada di tempat yang sama.

Kisah berpindah ke bagian seorang pegawai kantor pemasaran Gwanglim Mansion yang dimainkan oleh Seo Hyun Woo. Pegawai itu tidak sendirian tinggal di apartemen.

Ia ternyata tinggal dengan sebuah partner. Kenapa sebuah? Sebab partner yang dimaksud adalah berupa boneka yang dianggap seperti istrinya sendiri. Sang pegawai makan bersama bahkan mengajak bicara bonekanya.

Melihat ia mengajak ngobrol boneka saja sudah membuat bulu kuduk merinding walaupun tidak bernyawa, apalagi saat kutukan datang melalui boneka yang bergerak sendiri.

Alur terus bergulir sampai ke bagian keempat. Tae Hoon (Kang Yoo Seok) adalah seorang pelajar yang baru kembali dari sekolahnya di luar negeri.

Untuk sementara waktu ia menumpang tinggal bersama Jae Suk (Lee Suk Hyeong), teman masa kecilnya. Kamar yang dihuni Jae Suk sangat jorok, jamur tersebar di segala bagian ruangan. Suatu hari, Tae Hoon penasaran dengan satu kamar yang selalu dalam keadaan tertutup.

Penasaran, ia membuka pintunya lalu menemukan foto keluarga Jae Suk yang telah berjamur. Tae Hoon langsung ketakutan dan merasa ada yang tidak beres dari Jae Suk.

Setelah menyimak kisah-kisah horor apartemen Gwanglim, hasil karya Ji Woo menuai pujian dari pihak penerbit. Ji Woo pun berambisi untuk menggali lagi cerita lain di balik Gwanglim Mansion.

Sang kakek enggan membeberkan lebih kepada Ji Woo, ia malah memberikan sebuah kunci kamar yang akan menguak alasan mengapa Gwanglim Mansion selalu dipenuhi kejadian supernatural.

Film The Grotesque MansionFilm The Grotesque Mansion Foto: Dok. YouTube

Jika kalian mencari film horror yang bukan sekadar jumpscare, The Grotesque Mansion merupakan film yang tepat. Ketegangan dijumpai lewat suara latar yang mengerikan, gestur misterius para pemain, serta dialog bersifat ambigu. Jangan lupakan jamur yang hadir di unit milik Jae Suk sukses membuat jijik penonton.

Sayang dalam beberapa adegan tingkat kecerahan dari film ini sangat gelap. Untungnya rentetan adegan yang membuat jantung berdegup kencang masih dapat membangkitkan rasa takut pemirsa.

Durasi The Grotesque Mansion pun terbilang pas yaitu 1 jam 46 menit. Jangka waktu yang dihadirkan per cerita sesuai dengan porsinya, tidak bertele-tele juga tidak terlalu cepat.



Simak Video "Cerita Colman Domingo Takut Banget Nonton Film 'Carrie'"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)