Membandingkan Gaji Scarlett Johansson dan Para Superhero Marvel

Asep Syaifullah - detikHot
Senin, 02 Agu 2021 18:51 WIB
SANTA MONICA, CA - NOVEMBER 11:  Scarlett Johansson, Female Movie Star of 2018, poses in the press room during the Peoples Choice Awards 2018 at Barker Hangar on November 11, 2018 in Santa Monica, California.  (Photo by Matt Winkelmeyer/Getty Images)
Perbandingan gaji Scarlett Johansson dan para superhero. Matt Winkelmeyer/Getty Images
Jakarta -

Tujuh film sudah dimainkan oleh Scarlett Johansson bersama Marvel. Seperti bintang lainnya ia pun berharap mendapatkan film solo. Hal itu lalu diwujudkan dengan merilis Black Widow meski sayangnya tak semulus yang diinginkan sang aktris.

Bayaran dan bonus besar seperti rekan-rekannya di Avengers pun tak (seluruhnya) didapatkan oleh aktris yang akrab disapa ScarJo itu. Sejauh ini ia baru menerima USD 20 juta atau sebesar Rp 288 miliar.

Ia pun ngamuk dan menuding pihak Disney berlaku curang dengan menayangkan film Black Widow di Disney+ berbarengan dengan penayangannya di bioskop. Hal itu membuat ScarJo gagal meraih bonus yang dijanjikan kalau film itu mencapai box office seperti film Marvel Cinematic Universe lainnya.

Jika mengingat bayaran awal sang aktris di Iron Man 2 pada 2010 lalu yang mencapai USD 400 ribu atau senilai Rp 5,7 miliar, maka kini jumlah tersebut mengalami peningkatan pesat. Lantas bagaimana kalau dibandingkan dengan bayaran yang diterima rekan-rekannya di Avengers?

Chris Hemsworth

4 Pola Makan Chris Hemsworth untuk Berperan Sebagai ThorChris Hemsworth gaji sebagai Thor. Foto: Dok. Marvel

Jika dibandingkan dengan Scarlett Johansson, maka Chris Hemsworth menerima bayaran yang lebih kecil. Bahkan untuk film solo perdananya yakni Thor: The Dark World ia dilaporkan hanya menerima USD 150 ribu atau sebesar Rp 2,1 miliar.

Bayarannya pun meningkat pesat saat ia tampil di Thor: Ragnarok, ia dilaporkan Men XP mendapatkan hingga USD 30 juta atau senilai Rp 433 miliar atas kesuksesan film tersebut.

Namun pada penampilannya di film terlaris sepanjang masa yakni Avengers; Endgame, ia hanya dibayar USD 15 juta atau sebesar Rp 216 miliar. Jumlah tersebut belum ditambahkan dari bonus yang diterimanya atas raihan film itu.

Chris Evans

jenggot captain americaGaji Chris Evans sebagai Captain America. Foto: Istimewa

Sepertinya Chris Evans jauh lebih andal dalam bernegosiasi dibandingkan rekan-rekannya. Untuk penampilan perdananya di MCU lewat film Captain America ia menerima bayaran hingga USD 1 juta atau senilai Rp 14 miliar.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, Chris Evans pun menerima bayaran yang jauh lebih besar untuk film setelahnya seperti Captain America: Civil War hingga Avengers: Endgame yakni USD 15 juta atau sebesar Rp 216 miliar.

Jeremy Renner

gaya rambut HawkeyeGaji Jeremy Renner sebagai Hawkeye. Foto: Dok. Marvel

Tak seperti para Avengers lainnya, Jeremy Renner masih belum juga memiliki film solonya sendiri. Mengenai bayarannya, tak diketahui dengan jelas berapakah yang diterima saat perdana muncul di Thor: The Dark World.

Dirangkum dari berbagai sumber hanya disebutkan bahwa pemeran Hawkeye itu menerima bayaran sebesar USD 3 juta atau senilai Rp 43 miliar dari film Avengers pertama di 2012 lalu.

Bayarannya pun meningkat di film selanjutnya yakni Avengers: Age of Ultron di mana ia menerima hingga USD 6,1 juta atau sebesar Rp 88,1 miliar. Sementara itu untuk film Endgame kabarnya ia mendapatkan bayaran beserta bonus hingga mencapai USD 30 juta atau senilai Rp 433 miliar.

Robert Downey Jr

iron manGaji Robert Downey Jr sebagai Iron Man. Foto: Twitter/Iron_Man

Aktor Robert Downey Jr menjadi bintang pertama dari MCU dan menerima bayaran sebesar USD 500 ribu atau senilai Rp 7 miliar untuk penampilannya di Iron Man serta The Incredible Hulk dan mendapatkan komisi 6 persen dari pendapatan film tersebut.

Bayarannya pun meningkat pesat hingga ia berhasil mengantongi USD 12 juta atau sebesar Rp 173 miliar dari gaji sebesar USD 10 juta dan bonus USD 2 juta di film Iron Man 2.

Angka itu pun makin melonjak kala ia tampil di film Avengers. Meskipun gajinya tetap di angka USD 10 juta, namun komisi dari kesuksesan film tersebut membuat ia pulang dengan pundi-pundi uang mencapai USD 50 juta atau Rp 722 miliar.

Bahkan untuk film Spider-Man: Homecoming, RDJ dibayar per menit sebesar USD 1 juta dan ia tampil selama kurang lebih 10 menit sehingga mendapatkan bayaran USD 10 juta.

Sebelum mengumumkan pensiun dari perannya sebagai Tony Stark, Robert Downey Jr berhasil meraup hingga USD 130 juta atau Rp 1,8 triliun (USD 75 juta gaji ditambah bonus USD 55 juta) dari film Endgame. Sehingga jika dijumlahkan seluruh komisi yang diterimanya dari penampilan di Marvel, maka uang yang diterimanya mencapai USD 435 juta atau sebesar Rp 6,28 triliun.



Simak Video "Scarlett Johansson-Disney Capai Mufakat soal Gugatan 'Black Widow'"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/aay)