Urutan Film Samurai X Sesuai dengan Timeline

Asep Syaifullah - detikHot
Senin, 02 Agu 2021 14:07 WIB
Kenshin Himura: The Beginning
Foto: Istimewa
Jakarta -

Mungkin bagi Anda yang baru ingin menyaksikan film Samurai X atau Rurouni Kenshin akan sedikit bingung untuk menyaksikan dari mana. Dirilis dalam 5 film, berikut urutan Rurouni Kenshin sesuai timelinenya:

Rurouni Kenshin: The Beginning

Film terbaru dari Kenshin Himura itu menjadi awal mula dari perjalanan sang Battosai untuk menemukan kedamaian. Ruruoni Kenshin: The Beginning memuat tentang bagaimana legenda dari sang pembunuh bayaran itu terbentuk.

Di sana juga terkuak bagaimana kisah luka di wajah Kenshin yang ditorehkan oleh Akira Kiyosato (Masataka Kubota) yang tewas di tangannya. Setelahnya ia pun bertemu dengan Tomoe Yukishiro (Kasumi Arimura) yang ternyata adalah mata-mata dan kekasih dari Kiyosato.

Tomoe pun menikah dengan Kenshin dan hidup damai serta melupakan tujuan awalnya untuk menghabisi sang Battosai. Namun kedamaian itu tak bertahan lama setelah sekelompok pembunuh menyerangnya hingga membuat Tomoe terbunuh dengan pedang Kenshin.

Kejadian tersebut pun membuat Kenshin memutuskan untuk berkelana dan berjanji tak akan membunuh orang lagi dengan menggunakan sakabato (pedang terbaliknya).


Rurouni Kenshin Origins

Film live action perdana dari kisah Kenshin Himura tersebut mengambil momen pada era 1868, di mana setelah era perang Bakumatsu. Kenshin yang berkelana usai kehilangan istrinya itu tiba-tiba bertemu dengan sosok Kamiya Kaoro yang mengingatkannya pada mendiang Kaoro.

Poster film seri Rurouni Kenshin yang menceritakan tentang samurai Kenshin Himura.Poster film seri Rurouni Kenshin yang menceritakan tentang samurai Kenshin Himura. Foto: Dok. Ist

Ia pun berniat untuk memulai kehidupannya dengan damai dan menutupi identitasnya itu, namun ternyata mereka harus menghadapi kelompok kriminal yang dipimpin oleh Takeda Kanryu.

Pada film ini pula Kenshin bertemu dengan sahabatnya yakni Sanosuke Sagara yang membantunya melawan kelompok kriminal dan pengedar narkoba itu.


Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno

Jika pertempuran Kenshin Himura dan pasukan Takeda Kanryu menjadi sajian yang menarik, maka sang sutradara meningkatkan levelnya di film selanjutnya. Pada Rurouni Kenshiin: Kyoto Inferno, ia harus menghadapi musuh besarnya yakni Shisio Makoto dan pasukannya.

Shisio yang merupakan seorang battosai yang mengalami nasib tragis dan dikhianati hingga dibakar hidup-hidup itu menaruh dendam pada pemerintah. Ia pun berniat untuk menghancurkan dan membakar habis kota Kyoto.

Pihak kepolisian yang dipimpin oleh Hajime Saito pun kewalahan dan meminta bantuan Kenshin, meski dilarang oleh Kaoro ia tetap berangkat menuju Kyoto untuk menghadapi pasukan Shisio. Namun baru melawan Sajiro Seta, anak buah Shisio, ia sudah kalah dan pedangnya hancur.

Ia pun mencari penempa terbaik untuk membuatkannya pedang agar bisa melawan Shisio. Sayangnya sang penempa, Shakku Arai, telah meninggal namun ada putranya Keiku yang melanjutkan pekerjaan sang ayah. Kenshin pun membujuk Keiku namun ia bersikeras menolaknya, hingga akhirnya putranya menjadi korban penculikan dari anak buah Shisio.


Rurouni Kenshin: The Legend Ends

Film ini menjadi salah satu yang paling dinantikan oleh para fans manga Samurai X karena kekecewaan mereka yang gagal menyaksikan pertarungan antara Shisio dan Kenshin terobati pada film ini.

Melanjutkan kisah Kenshin dan rekan-rekannya yang berusaha mencegah niat busuk Shisio di Kyoto, ia pun berlatih kembali dengan sang guru, Hiko Seijiro (Masaharu Fukuyama) agar bisa menyempurnakan teknik andalannya yakni Hiten Mitsurugi-ryu yang digunakan untuk mengalahkan Shisio beserta kaki tangannya yakni Seta Soujiro (Ryunosuke Kamiki).

Poster film seri Rurouni Kenshin yang menceritakan tentang samurai Kenshin Himura.Poster film seri Rurouni Kenshin yang menceritakan tentang samurai Kenshin Himura. Foto: Dok. Ist

Pertarungan hidup mati antara Kenshin Himura dan Shisio di kapal raksasa miliknya menjadi salah satu adegan yang benar-benar dinantikan oleh para penggemar.


Rurouni Kenshin: The Final

Berbeda dengan sebelumnya, film ke-4 dari kisah Kenshin Himura tersebut tak mengikuti perjalanan di dalam manga. Mereka mengambil kisah dari arc Jinchu di mana diceritakan konflik antara sang samurai dengan seorang penjual senjata bernama Enishi Yukishiro (Mackenyu Arata).

Enishi dendam dengan Kenshin yang telah membunuh saudarinya yakni Tomoe Yukishiro. Ia pun tidak segan menghancurkan kawasan tempat tinggal Kenshin hingga Akabeko, restoran favoritnya, hingga membunuh banyak warga di sana.

Bahkan Enishi juga mencoba untuk menculik Kamiya Kaoro dan hendak membunuhnya, namun hal itu urung dilakukan karena rasa trauma atas kehilangan adik perempuannya itu.

Kenshin pun terpaksa bertarung dengan Enishi sambil memikul rasa bersalah atas kejadian lima belas tahun silam dan mencoba untuk tak lagi kehilangan sosok wanita yang dicintainya itu.

Nyawanya pun hampir saja tak tertolong saat dirinya dicurangi oleh Wu Heisin (Takuma Oto'o), pemimpin mafia dari Shanghai, yang mencoba untuk mencari celah dari pertarungan tersebut.

Lihat juga video 'Scarlett Johansson Gugat Disney Terkait Film 'Black Widow'':

[Gambas:Video 20detik]



(ass/tia)