7 Rekomendasi Film Buat Ditonton Maraton Jelang Oscar 2021

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 24 Apr 2021 11:05 WIB
Ma Raineys Black Bottom
Ma Rainey's Black Bottom / Foto: (MaRaineyfilm)
Jakarta -

Kemeriahan Oscar akan berlangsung dalam waktu dekat. Ajang ini kembali digelar sebagai bentuk perayaan bagi industri film dunia.

Meski pandemi, ajang ini akan tetap dihelat pada 25 April 2021 dan dapat disaksikan pada 26 April waktu Indonesia. Telah diumumkan film-film yang bersaing dalam kompetisi ini usai menyaring dari 366 film yang masuk sebagai kandidat untuk masuk dalam kompetisi.

Sebelum ikut serta ambil bagian dalam perayaan Oscar tahun ini, ada beberapa film yang dapat dijadikan pilihan untuk disaksikan weekend ini. Film-film tersebut di antaranya datang dari sejumlah layanan streaming mengingat tahun lalu, bioskop berhenti memutar film karena pandemi. Berikut rekomendasi film yang dapat jadi pilihan:

1. Mank

Film ini merupakan biopik dari seorang penulis skenario, Herman J. Mankiewicz / Mank. Menceritakan tentang hidup Mank yang redup identitasnya.

Salah satu masa keemasan Hollywood ada di era 1930-an. Momen itu menjadi titik hadir dan berkembangnya industri film dan tayangan sebagai hiburan. Kala itu Amerika Serikat dilanda depresi di tengah perang dunia yang terjadi.

Mankiewicz berada di balik kesuksesan industri perfilman Hollywood yang kala itu tetap bertahan meski depresi ekonomi melanda. Ia di antaranya ambil bagian dalam penggarapan kisah fantasi The Wizard of Oz (1939).

Meski namanya tidak tercatat secara resmi di kredit film, tanda tangan Mankiewicz jadi bagian yang menonjol di film itu.

Ia menggambarkan kehidupan orang-orang biasa di Kansas di film itu dalam warna hitam-putih sementara dunia The Wizard of Oz dikemas dengan Technicolor.

Film ini dapat disaksikan di Netflix. Mank mendominasi perolehan nominasi Oscar tahun ini. Film itu tercatat di 10 nominasi.

2. Ma Rainey's Black Bottom

Ma Rainey's Black Bottom menceritakan perjalanan karier Ma Rainey. Penyanyi yang dijuluki Mother of the Blues yang eksis di tahun 1927.

Ma Rainey's Black Bottom juga mengisahkan bagaimana manajemen yang didominasi orang kulit putih berusaha untuk mengontrol sang legenda Blues. Levee pun tampak tertarik dengan salah seorang penari latar dari Ma Rainey.

Film ini menempatkan dua bintang utamanya masuk dalam nominasi besar Oscar tahun ini. Yakni mendiang Chadwick Boseman di nominasi aktor terbaik dan Viola Davis di kategori Aktris Terbaik.

Di ajang Golden Globe 2021, Chadwick Boseman memenangkan gelar aktor terbaik. Ma Rainey's Black Bottom dapat disaksikan di Netflix.

3. Onward

Film lain yang dapat dinikmati di momen akhir pekan ini yaitu Onward. Karya studio Pixar ini menggandeng Tom Holland dan Chris Pratt ambil bagian di dalamnya.

Film ini bercerita tentang dunia fantasi mahluk gaib tinggal di sana. Dua peri remaja, Ian Lightfoot (Tom Holland) dan Barley Lightfoot (Chris Pratt) memulai sebuah pencarian ke tempat-tempat magis untuk menemukan sebuah jawaban.

Petualangan mereka bertujuan untuk bisa berjumpa dengan sang ayah yang telah meninggal walau cuma sehari. Selain itu keduanya juga akan mencari jawaban atas keresahan warga. Apakah masih ada kekuatan magis di dunia mereka.

Onward masuk dalam nominasi film animasi panjang terbaik di Oscar tahun ini. Film ini dapat disaksikan di Disney+Hotstar.

4. Soul

Pixar dikenal lewat animasi-animasinya yang bertema tentang keluarga hingga kasih sayang. Tak jarang kisah-kisahnya begitu menyentuh.

Soul salah satunya. Film ini juga bersaing di nominasi yang sama dengan Onward yakni film animasi panjang terbaik.

Soul menceritakan tentang tokohnya yang bernama Joe Gardner. Ia adalah seorang guru musik di sebuah sekolah.

Diam-diam Joe menyimpan hasrat untuk menjadi seorang pianis jazz profesional. Dan suatu hari, apa yang diimpikan Joe terwujud.

Ia amat bahagia dapat bergabung dengan sebuah grup musik Jazz yang selama ini ia inginkan. Namun harapan itu tiba-tiba terjeda saat Joe melakukan kesalahan kecil saat berjalan di sudut kota New York.

Ia jatuh ke dalam sebuah lubang yang membawanya ke sebuah tempat asing yang dihuni jiwa-jiwa baru.

Film ini menggulirkan cerita tentang Joe yang berpetualang di dunia lain itu dan berusaha untuk kembali ke bumi.

Film ini dapat disaksikan di Disney+Hotstar.

5. Mulan

Di nominasi visual efek terbaik Oscar tahun ini, ada Mulan yang merupakan versi live-action dari film animasinya di 1998.

Tayang di Disney+Hotstar, Mulan dibintangi oleh Liu Yifei juga Gong Li serta Donnie Yen dan Jet Li. Berbeda dari versi animasinya, Mulan membawa penampilan musuh lain selain Bori Khan, yakni seorang penyihir bernama Xianniang yang diperankan Gong Li.

Film ini menuai beragam ulasan. Di antaranya penempatan dua tokoh perempuan kuat yang ditampilkan lewat tokoh Mulan dan Xian Niang. Keduanya menjadi simbol dari sosok perempuan yang mencoba melawan tradisi.

6. Sound of Metal

Sound of Metal di antaranya tercatat di dua nominasi besar di ajang Oscar tahun ini. Film ini masuk dalam nominasi film terbaik dan aktor terbaik untuk pemeran utamanya, Riz Ahmed.

Dalam Sound of Metal, Riz Ahmed berperan sebagai Ruben, seorang drummer band heavy metal yang kehilangan pendengarannya. Ia pun berusaha untuk tetap berkarya di tengah kekurangannya dan menemukan jalan hidupnya lewat bantuan Joe (Paul Raci), veteran perang Vietnam yang juga kehilangan pendengarannya.

Film ini dapat disaksikan di streaming Amazon Prime.

7. Pieces of Woman

Menuai kepopuleran lewat perannya dalam Mission Impossible-Fallout (2018) dan Hobbs & Shaw (2019), Vanessa Kirby menerima kritik dan pujian lewat perannya dalam drama Pieces of Woman.

Film ini menampilkan sosok istri, ibu, anak sekaligus perempuan yang berusaha mengatasi kerapuhannya atas tragedi yang ia alami usai kehilangan bayi yang ia lahirkan.

Tayang di Netflix, Pieces of Woman membuat Vanessa Kirby masuk dalam nominasi aktris terbaik tahun ini.



Simak Video "'Minari' Masuk Best Picture, Ini Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/aay)