5 Aktris yang Perdana Muncul di Nominasi Oscar Tahun Ini

DE - detikHot
Jumat, 23 Apr 2021 13:04 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 23: Vanessa Kirby attends the Fast & Furious: Hobbs & Shaw Special Screening at The Curzon Mayfair on July 23, 2019 in London, England. (Photo by Joe Maher/Getty Images)
Vanessa Kirby di Oscar tahun ini / Foto: Getty Images
Jakarta -

Ajang penghargaan Academy Awards atau Oscar tahun ini sudah mengumumkan nama-nama aktor dan aktris yang masuk dalam nominasi. Nominasi Oscar tahun ini disebut-sebut imbang dan inklusif.

Di nominasi Aktris Terbaik misalnya, ada dua aktris yang mewakili kaum kulit hitam di dalamnya. Tapi secara keseluruhan, ada 5 aktris yang bersaing di Oscar dan tahun ini menjadi momen perdana bagi mereka. Siapa saja?

78th ANNUAL GOLDEN GLOBE AWARDS -- Pictured in this screen grab: Andra Day, winner of Best Actress in a Motion Picture – Drama for 78th ANNUAL GOLDEN GLOBE AWARDS -- Pictured in this screen grab: Andra Day, winner of Best Actress in a Motion Picture – Drama for "The United States vs. Billie Holiday", speaks at the 78th Annual Golden Globe Awards on February 28, 2021. -- (Photo by: NBC) Foto: NBC

1. Andra Day

Andra Day adalah wanita kulit hitam ke-13 yang diakui dalam kategori ini. Sebelumnya ada beberapa nama termasuk Viola Davis yang tahun ini juga bersaing di nominasi Best Actress.

Andra Day masuk di nominasi ini lewat perannya dalam The United States Vs. Billie Holiday. Film tersebut merupakan adaptasi dari biografi penyanyi Billie Holiday, yang berjudul Chasing the Scream: The First and Last Days of the War on Drugs dan ditulis oleh Johann Hari.

Andra Day menjadi aktris kedua yang dinominasikan di nominasi ini lewat peran sang penyanyi setelah Diana Ross lewat film Lady Sings the Blues.

2. Vanessa Kirby

Vanessa Kirby serupa dengan Andra Day sebagai aktris pendatang baru di ajang Oscar. Vanessa Kirby tercatat di nominasi ini lewat perannya dalam drama Pieces of Woman.

Kirby memerankan pergolakan batin seorang perempuan, istri dan ibu yang kehilangan anaknya dan menghadapi tekanan dari sekitarnya.

Ini menjadi nominasi Oscar pertama bagi aktris asal Inggris itu.

3. Maria Bakalova

Lewat sekuel film Borat, Borat Subsequent Moviefilm, Maria Bakalova dinominasikan di Oscar tahun ini. Ini merupakan nominasi Oscar pertamanya.

Dalam film tersebut, Maria Bakalova memerankan putri Borat yang naif berusia 15 tahun bernama Tutar.

Sebuah hal yang juga jarang terlihat, ajang Oscar memberikan pengakuan lebih pada film komedi seperti Borat di tahun ini.

Selain menempatkan Maria Bakalova di nominasi Best Actress, film ini juga menerima nominasi di kategori Best Adapted Screenplay atau skenario adaptasi terbaik.

Sosok Maria Bakalova di film tersebut pun jadi sorotan lewat penampilannya di film tersebut bersama Rudy Giuliani. Dalam sebuah wawancara adegan tersebut dikatakannya menantang. Terlebih saat Rudy Giuliani kemudian memutuskan untuk menelepon polisi saat dirinya terkejut jadi bagian di film itu.

HOLLYWOOD - MARCH 07:  Actress Amanda Seyfried arrives at the 82nd Annual Academy Awards held at Kodak Theatre on March 7, 2010 in Hollywood, California.  (Photo by Jason Merritt/Getty Images)HOLLYWOOD - MARCH 07: Actress Amanda Seyfried arrives at the 82nd Annual Academy Awards held at Kodak Theatre on March 7, 2010 in Hollywood, California. (Photo by Jason Merritt/Getty Images) Foto: Getty Images

4. Amanda Seyfried

Lewat perannya dalam film biopik David Fincher, Mank, Amanda Seyfried mendapatkan nominasi pertamanya. Ia beradu akting dengan Gary Oldman yang juga tercatat di salah satu nominasi Oscar tahun ini.

Mank sendiri tercatat sebagai salah satu film yang masuk dalam daftar nominasi terbanyak di ajang penghargaan yang akan digelar untuk ke-93 kalinya tersebut.

Film ini menceritakan perjalanan hidup seorang penulis skenario alkoholik, Herman J Mankiewicz yang berlomba dengan waktu untuk menyelesaikan naskah film terbaiknya. Mank juga tercatat di nominasi film terbaik.

5. Yuh-Jung Youn

Lewat drama berjudul Minari, Yuh-Jung Youn tercatat di nominasi Oscar 2021. Dan nominasi itu menjadi nominasi Oscar pertamanya.

Ia tercatat bersama Amanda Seyfried dan Maria Bakalova di nominasi Best Actress in Supporting Role.

Dalam Minari, Yuh-Jung Youn berperan sebagai nenek yang datang dari Korea Selatan ke kota kecil Arkansas di mana keluarganya yang keturunan Korea-Amerika berusaha untuk menjalani hidup dengan identitas mereka sebagai minoritas.

Sebelum terlibat dalam Minari, Yuh-Joung Youn sudah memiliki rekam jejak di industri akting dan film Korea Selatan. Masuk dalam nominasi ini menjadi pencapaian Yuh-Joung Youn setelah 50 tahun karier yang ia jalani.



Simak Video "Dikirim ke Oscar, Film 'Yuni' Tayang Terbatas di Sini!"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dal)