Ajang Penghargaan BAFTA Beri Penghormatan Terakhir pada Pangeran Philip

Devy Octafiani - detikHot
Senin, 12 Apr 2021 11:05 WIB
Rahasia Pola Makan Pangeran Philip yang Membuatnya Capai Umur 99 Tahun
BAFTA beri penghormatan pada Pangeran Philip / Foto: Instagram@theroyalfamily
Jakarta -

Ajang penghargaan The British Film Academy atau BAFTA kembali digelar tahun ini. Namun ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain menghadapi pandemi, ajang BAFTA dalam momen berduka karena Pangeran Philip meninggal dunia. Ajang penghargaan ini pun memberikan penghormatan terakhirnya untuk sang pangeran.

Pangeran Philip menempati posisi yang istimewa di ajang penghargaan ini. Ia sempat menjabat sebagai presiden BAFTA di rentang 1959 hingga 1965.

Meski kemudian jabatan itu berakhir, Pangeran Philip berada di balik penghargaan ini untuk terus memberi dukungan.

"Sebelum kita mulai acara ini, kami ingin mengatakan bahwa atas nama BAFTA, kami sangat berduka dengan meninggalnya Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, Jumat lalu."

"Pangeran Philip adalah presiden BAFTA lebih dari 60 tahun yang lalu dan merupakan pelindung pertama organisasi penghargaan ini," ungkap dua host asal Inggris, Dermot O' Leary dan Edith Bowman yang ditunjuk memandu ajang tersebut.

Prince Philip, Duke of Edinburgh presents the Best British Actor award to English actor Peter O'Toole (1932-2013) at the 16th British Academy Film Awards in London on 8th May 1963. Peter O'Toole stars in the 1962 film 'Lawrence of Arabia'. (Photo by Les Lee/Daily Express/Hulton Archive/Getty Images)Prince Philip, Duke of Edinburgh presents the Best British Actor award to English actor Peter O'Toole (1932-2013) at the 16th British Academy Film Awards in London on 8th May 1963. Peter O'Toole stars in the 1962 film 'Lawrence of Arabia'. (Photo by Les Lee/Daily Express/Hulton Archive/Getty Images) Foto: Getty Images/Les Lee

Pangeran Philip diangkat sebagai presiden pada tahun 1959, satu tahun setelah British Film Academy dan Persekutuan Produser Televisi dan Sutradara bergabung untuk membentuk Society of Film and Television Arts (SFTA), cikal bakal BAFTA.

Meninggalnya Pangeran Philip membuat BAFTA kini berdiri sendiri. Dalam pernyataannya, ajang penghargaan ini tak lagi melibatkan anggota kerajaan keturunan sang pangeran ke depannya.

"Sehubungan dengan meninggalnya Duke of Edinburgh, Duke of Cambridge tidak akan lagi menjadi bagian dari program BAFTA akhir pekan ini. Pikiran kami tertuju pada keluarga kerajaan, kami bersimpati terdalam," ungkap pernyataan resmi BAFTA.

Tahun ini BAFTA digelar perdana secara virtual. Ajang ini digelar dalam dua bagian. Yang pertama menampilkan film-film terbaik yang rilis sejak tahun lalu kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan.



Simak Video "Penghormatan untuk Pangeran Philip di Acara Penghargaan BAFTA"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dal)