5 Hal tentang Madripoor, Sarang Penjahat di Indonesia Versi Marvel

Tim detikhot - detikHot
Senin, 05 Apr 2021 16:51 WIB
Madripoor
Madripoor lokasi imajinasi di The Falcon and the Winter Soldier / Foto: (Marvel Fandom)
Jakarta -

Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier membawa hal baru selain plot cerita yang berkembang dari dalam petualangan Bucky Barnes dan Sam Wilson. Sebuah tempat diperkenalkan dan tempat itu diumumkan berada di Indonesia.

Tempat tersebut bernama Madripoor. Tempat ini menjadi bagian dari perjalanan Bucky dan Sam dalam upaya menemukan dalang di balik kemunculan serum berbahaya yang mengancam dunia.

Madripoor sendiri memiliki legenda khusus yang keberadaannya memiliki keterkaitan dengan tokoh-tokoh superhero lainnya. Berikut beberapa hal tentang Madripoor seperti dirangkum detikHOT:

1. Lokasi Madripoor

Madripoor diceritakan berada di sebuah pulau di sebuah tempat di Asia Tenggara, terletak di bagian selatan Selat Malaka. Ibukotanya juga bernama Madripoor dan tempat ini menjadi suaka bagi para kriminal.

Bucky Barnes menyebut keberadaan Madripoor sudah berdiri sejak tahun 1800-an.

2. Terbagi dua kelas sosial

Ibukota Madripoor terbagi antara Hightown dan Lowtown. Dua tempat itu mewakili keberadaan dan tempat bagi si kaya dan si miskin.

Selain sarat dengan kejahatan, Madripoor memiliki ketimpangan sosial yang ekstrem. Meski begitu, tempat ini menjadi surga bagi para penjahat di seluruh dunia.

Negara lain dikisahkan dilarang melakukan ekstradisi bagi para penjahat di dalamnya.


3. Bersentuhan dengan X-Men

Madripoor juga diceritakan tak asing dengan sosok Wolverine juga X-Men. Ada bagian dari sejarah Madripoor yang diceritakan berhubungan dengan mereka.

Ada masa di mana X-men menghentikan invasi kelompok alien bernama Khan.

Selain Wolverine beserta kelompoknya, X-Men, Madripoor juga tak asing bagi karakter mutan lainnya.

4. Tata geografis

Madripoor diceritakan merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Kepulauan Riau dan Kepulauan Lingga dalam peta kepulauan Indonesia. Dalam komik Marvel, penduduknya berbicara dalam tiga bahasa.

Di antaranya, Inggris, Prancis dan Filipina. Mereka juga memiliki mata uang dolar sendiri.

Sebagai negara yang tak tersentuh kebijakan dengan dunia dan aturan ekstradisi, Madripoor tampil menantang dan diklaim sebagai negara yang memiliki pusat hiburan termahal di dunia.

Sementara ketimpangan kelas yang ada di masyarakat Madripoor juga menunjukkan polarisasi ekonomi. Hightown, surga teknologi tinggi dari orang-orang yang sangat kaya dan berkuasa, dan Lowtown, domain abad pertengahan dari orang-orang yang sangat miskin.


5. Madripoor dalam 3 versi

Madripoor ditampilkan dalam tiga cerita. Dalam komik Humorverse keluaran Marvel, kota ini diberi padanan sebutan Nastynpoor.

Dalam Anime Marvel, Madripoor diceritakan sebagai tempat yang menjadi sarang aktivitas kriminal. Ada banyak kelompok yang mendiami pulau tersebut dan mereka saling bertarung satu sama lain.

Sementara dalam MCU, Madripoor menjadi tempat yang dijanjikan Baron Zemo kepada Sam Wilson dan Bucky Barnes untuk dapat menemukan pusat keberadaan serum berbahaya. Kisah ini muncul di episode 3 The Falcon and the Winter Soldier.



Simak Video "The Falcon and the Winter Soldier Akan Hadirkan Black Captain America?"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dar)