8 Film Tentang Perempuan Sambut International Women's Day

Tim detikhot - detikHot
Senin, 08 Mar 2021 08:53 WIB
Little Women
Film Little Women / Foto: imdb.
Jakarta -

Setiap tanggal 8 Maret, diperingati sebagai momen untuk perempuan. Tanggal itu disambut sebagai International Women's Day.

Dirangkum dari berbagai sumber, International Women's Day berfokus pada gerakan hak-hak perempuan. Momen ini juga momen yang diperingati sebagai hari perayaan kaum wanita.

Sejalan dengan nilai-nilai hari International Women's Day, ada beberapa film yang kisahnya berkaitan dengan perempuan-perempuan yang berdaya. Berikut di antaranya:

1. Iron Lady

Diperankan oleh Meryl Streep, Iron Lady merupakan biopik dari mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher. Peran ini menjadi salah satu peran terbaik yang pernah dimainkan Meryl Streep.

Iron Lady menceritakan upaya Margaret Thatcher di awal-awal tahunnya ia menjabat sebagai perdana menteri dalam mendobrak batasan gender dan kelas sebagai perdana menteri wanita pertama di Inggris.

2. Becoming Jane

Diperankan Anne Hathaway, Becoming Jane menceritakan tentang seorang penulis terkenal dalam sastra Inggris, Jane Austen. Jane digambarkan rebel atau memberontak karena menganggap dirinya ditekan oleh keluarga.

Ia menolak permintaan kedua orang tuanya untuk menikah dengan pria kaya.

3. Erin Brokovich

Film ini menjadi salah satu film terbaik yang pernah diperankan Julia Roberts. Ia memerankan ibu tunggal dengan 3 anak dan profesinya sebagai pengacara.

Erin Brokovich menceritakan tentang sosoknya yang berjibaku mewujudkan keadilan terhadap kasus pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sebuah perusahaan di California.

Lewat peran ini, Julia Roberts sempat masuk dalam nominasi Aktris Terbaik di ajang Oscar.

4. The Help

Isu tentang perbedaan ras antara kulit hitam dan kulit putih diangkat dalam film ini. The Help menceritakan seorang penulis perempuan yang ingin membuat buku yang kisahnya mengambil dari sudut pandang orang-orang kulit hitam yang menjadi pelayan orang-orang kulit putih.

Film ini mengungkap tantangan yang dihadapi oleh mereka terkait warna kulit dan mempertanyakan tentang ketimpangan ras dan nilai kemanusiaan.

Film tentang tiga wanita berkulit hitam yang berada di balik keberhasilan misi NASA di tahun 1961Film tentang tiga wanita berkulit hitam yang berada di balik keberhasilan misi NASA di tahun 1961 Foto: imdb

5. Hidden Figures

Tak beda pesannya dari The Help, Hidden Figures mengungkap tentang tokoh-tokoh perempuan kulit berwarna yang tak banyak diketahui berperan penting dalam misi keluar angkasa oleh NASA.

Tak hanya menghadapi tantangan karena warna kulit, film ini juga menggambarkan tantangan tiga perempuan kulit hitam yang harus dapat menyesuaikan dan menempatkan diri di lingkungan pekerjaan dan profesi yang didominasi kaum pria.

6. Frozen

Bicara tentang kisah di film yang menampilkan perempuan-perempuan berdaya, Frozen tak dapat dilewatkan. Elsa dan Anna mewakili perempuan-perempuan yang punya keberanian untuk beraksi dan bersuara.

Dengan kekuatan magis yang dimiliki Elsa, ia menggunakannya untuk melawan rintangan yang ia hadapi. Bahkan terlihat kuat dan feminis tanpa sosok pangeran di sampingnya.

7. Roma

Dibuat dan dikemas sederhana, Roma menceritakan tentang perempuan dan peran mereka yang seringkali tak tersorot. Peran itu diperlihatkan lewat tokoh bernama Cleo, seorang asisten rumah tangga yang tinggal di Meksiko di tahun 1970-an.

Film ini merupakan semi-otobiografi yang disutradarai oleh Alfonso Cuaron dan salah satu film terbaik di tahun 2019.

Yalitza Aparico, bintang film 'Roma'.Yalitza Aparico, bintang film 'Roma'. Foto: Dok. Carlos Somonte

8. Little Women

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Louisa May Alcott, Little Women mengikuti empat saudara perempuan dengan ambisi yang berbeda. Tokoh wanita-wanita itu mengajarkan untuk berkata tidak dan memperjuangkan apa yang mereka yakini.

Film ini dibintangi Saoirse Ronan, Emma Watson dan Timothee Chalamet.



Simak Video "Wulan Guritno Berharap Adanya Regenerasi di Industri Film"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/tia)