ADVERTISEMENT

6 Metafora Visual Si Kaya dan Si Miskin di Parasite

Nugraha - detikHot
Selasa, 02 Feb 2021 13:54 WIB
Adegan di film Parasite.
Film Parasite punya fakta-fakta tersembunyi Foto: (Neon / CJ Entertainment)

4. Bau Orang Miskin

parasiteparasite Foto: dok parasite

Film Parasite punya sebuah adegan perbincangan antara Park dan Kim di dalam mobil, Park mengungkap tentang bau dari sopirnya itu.

"Biasanya dalam kehidupan nyata, tidak mudah bagi orang miskin untuk mendekati orang kaya sedekat itu. First class, economy class, selalu terpecah. Tapi di film ini, mereka sangat dekat. Mereka bahkan bisa saling mencium bau satu sama lain. Itulah situasinya, kami ingin menggunakan unsur penciuman," kata sang sutradara.

Dan tentu saja cara pandang itu semakin menggambarkan perbedaan strata mereka. Bau benar-benar mencerminkan hidup dan pekerjaan seperti apa yang dilakukan.

5. Orang Kaya Berimajinasi Miskin

Mie instan di film ParasiteParasite Foto: Istimewa

Orang kaya di Parasite, meski memiliki kekayaan, akan tetapi mendambakan hal-hal yang berada di bawah status sosialnya. Tetapi itu dilakukan dengan imajinasi mereka sendiri.

Pakaian dalam kotor yang membuat jijik pasangan Park juga menjadi fantasi seksual mereka pada satu titik.

6. Tangga Bisa Jadi Simbol

parasiteparasite Foto: dok parasite

Bong Joon-ho juga membuat sebuah metafora hanya lewat tangga di Parasite. Terlihat perbedaan jalan yang harus dilalui keluarga Kim dengan tangga yang menjulang tinggi, sempit dan berbahaya. Sementara keluarga Park melewati tangga di rumahnya.

"Rumah mewah itu berstruktur vertikal, lantai satu, lantai kedua, dan ruang bawah tanah. Tiap bagian rumah itu dihubungkan oleh tangga-tangga yang menjadi kunci metafora untuk pemisahan status sosial," tutur Bong.



Simak Video "Ketika Andhika Pratama Curiga Erick Thohir Sebagai Afiliator"
[Gambas:Video 20detik]

(nu2/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT