10 Film Anti-Perang Terbaik

Devy Octafiani - detikHot
Rabu, 13 Jan 2021 13:54 WIB
Cuplikan film 1917.
1917 film perang garapan Sam Mendes / Foto: Dok. Universal Pictures
Jakarta -

Tak sedikit film yang mengisahkan sebuah momen peperangan dalam cerita. Film-film tersebut menampilkan perlawanan hingga persaingan baik itu memperebutkan wilayah ataupun kekuasaan.

Namun ada beberapa film yang menggambarkan tragedi peperangan dari sudut pandang lain. Yakni dampak yang terjadi dari adu senjata dari kubu dan pelaku peperangan.

Film-film anti-perang semacam itu menjadi tontonan yang lebih menarik untuk diikuti. Film-film itu dibuat sebagai bentuk protes terselubung terhadap perang secara keseluruhan.

Film anti-perang biasanya bertujuan untuk menampilkan efek dari situasi perang yang merusak fisik maupun mental. Bahkan menelan korban jiwa yang juga datang dari masyarakat biasa.

Ada 10 film anti-perang terbaik yang memiliki pesan mendalam. Berikut di antaranya:

1. Schindler's List

Screenshoot adegan film 'Schindler's List'.Screenshoot adegan film 'Schindler's List'. Foto: Dok. Ist

Kisah holocaust besutan Steven Spielberg ini masuk dalam daftar film perang terbaik di situs film IMDb. Schindler's List menggambarkan suramnya kehidupan orang Yahudi yang ditindas Nazi.

Film ini mengikuti Oskar Schindler, seorang pengusaha Jerman yang bersama istrinya Emilie Schindler menyelamatkan lebih dari seribu tahanan perang yang sebagian besar merupakan pengungsi Polandia-Yahudi dari Holocaust. Schindler menggandeng mereka dengan mempekerjakan mereka di pabriknya selama Perang Dunia II.

Steven Spielberg merinci bagaimana situasi tersebut amat kelam. Dikemas dengan visual hitam-putih, Schindler's List menampilkan kisah yang pesannya tak dapat dibatasi lewat dua warna tersebut saja.

Schindler's List masuk dalam daftar film perang terbaik yang pernah dirilis. Film ini dibintangi oleh Liam Neeson dan didasarkan dari novel non-fiksi 1982 Schindler's Ark karya novelis Australia Thomas Keneally.

2. Night and Fog

10 Film Anti-Perang Terbaik10 Film Anti-Perang Terbaik Foto: (dok. ScreenRant)

Night and Fog menampilkan dokumenter tentang perang berdurasi 32 menit. Film ini disutradarai sutradara asal Prancis, Alain Resnais.

Night and Fog dibuat setelah 10 tahun peristiwa pembebasan kamp konsentrasi Jerman di Auschwitz dan Majdanek yang didirikan di Polandia. Alain Resnais merekam tempat tersebut dengan menyelipkan klip yang menggambarkan kehidupan para tahanan di kamp serta kekejaman yang pernah terjadi di sana.

Film tersebut menghadapi kesulitan dengan sensor Prancis yang tidak senang dengan pengambilan gambar seorang perwira polisi Prancis dalam film tersebut.

3. Grave Of The Fireflies

10 Film Anti-Perang Terbaik10 Film Anti-Perang Terbaik Foto: (dok. ScreenRant)

Studio Ghibli berhasil menjadi salah satu studio animasi paling dicintai lewat film-filmnya. Salah satu yang menonjol adalah Grave of The Fireflies.

Film ini menjadi salah satu film yang menguras air mata. Grave Of The Fireflies menceritakan kisah tentang sepasang dua bersaudara yang mencoba bertahan hidup di Jepang yang dilanda PD II.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "'1917' Menang Besar, Ini Daftar Pemenang BAFTA 2020"
[Gambas:Video 20detik]