Halle Berry Sedih Belum Ada Perempuan Kulit Hitam yang Menang Oscar Lagi

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 13 Jan 2021 12:03 WIB
Halle Berry, Golden globes 2018
Halle Berry. Foto: dok. Getty Images
Jakarta -

Halle Berry mengaku sedih karena hingga kini belum ada lagi aktris kulit hitam yang membawa pulang penghargaan untuk kategori Aktris Terbaik di Academy Awards sejak dirinya menang pada 2002.

Hal itu diungkapkan Halle Berry dalam sebuah wawancara dengan Mirror, dikutip detikcom pada Rabu (13/1/2021).

"Hatiku rasanya patah karena pada malam hari itu, aku benar-benar mengira mungkin sebentar lagi, setelah ini, perempuan kulit hitam atau kulit berwarna lainnya akan bisa menyusulku," kata dia.

Aktris kelahiran 14 Agustus 1966 itu kemudian melanjutkan, "Saat ini sudah 20 tahun dan tidak ada (aktris kulit hitam) yang menang penghargaan itu. Aku semakin berefleksi. (Aku berharap) mungkin tahun ini, tapi itu malah membuat hatiku semakin patah."

Pemain Catwoman (2004) itu menyadari kemenangannya seharusnya membawa dampak pada perempuan kulit hitam. Hal itu seharusnya menjadi pembuka jalan bagi aktris lainnya.

Dia menganggap kemenangannya di Academy Awards nyaris 20 tahun lalu membuat perempuan kulit hitam lainnya percaya, bila mereka bisa saja melakukan apa yang mereka ingin lakukan.

james bond Die Another DayHalle Berry. Foto: dok Die Another Day

"Momen itu berarti karena banyak orang yang datang padaku dan kemudian mengatakan malam itu mengubah cara berpikir mereka terhadap apa yang bisa mereka raih, apa yang ingin mereka lakukan dan apa yang mereka percaya, mereka bisa melakukannya," ungkap dia.

"Nilai itu, aku tahu itu nyata," lanjut Halle Berry.

Halle Berry menang sebagai Aktris Terbaik di Oscar 2002 lewat perannya dalam film Monster's Ball. Dalam film itu, dia beradu akting dengan Billy Bob Thornton dan Heath Ledger.

Sejak 2002, ada 12 pemain film kulit hitam yang dinominasikan di Academy Awards. Namun tidak satu pun dari mereka yang membawa pulang piala Oscar untuk kategori Aktris Terbaik.



Simak Video "Digelar 25 April, Oscar 2021 Disiarkan Live dari Berbagai Lokasi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/tia)