5 Fakta di Balik Animasi Terbaru Pixar yang Filosofis Soul

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 26 Des 2020 14:26 WIB
Soul
Foto: (Pixar)
Jakarta -

Pixar bersama Disney merilis animasi terbaru mereka berjudul Soul. Film ini tayang meramaikan momen Natal di Disney+Hotstar.

Soul membawa cerita yang sarat akan gagasan filosofis tentang pandangan hidup dari tokoh utamanya bernama Joe Gardner. Ia diceritakan sebagai seorang guru band sekolah menengah yang memiliki hasrat terhadap jazz.

"Joe ingin lebih dari segalanya untuk menjadi pianis jazz profesional," kata sutradara Pete Docter kepada detikcom belum lama ini.

"Jadi, saat dia ditawari kesempatan langka sekali seumur hidup untuk bermain dengan salah satu musisi jazz terhebat, Joe merasa dia telah mencapai puncak kesuksesan," sambung Pete.

Tapi satu kesalahan kecil membawanya dari jalanan Kota New York ke The Great Before, sebuah tempat fantastis di mana jiwa-jiwa baru mendapatkan kepribadian, kebiasaan, dan minat mereka sebelum mereka pergi ke bumi.

Menurut Pete Docter, gagasan untuk dunia unik ini muncul dan terbentuk selama 23 tahun.

"Ini dimulai lewat kehadiran putra saya yang sekarang dia berusia 23 tahun. Saya melihat begitu dia lahir, dia sudah memiliki kepribadian," kata Pete Docter.

"Dar imana itu datang? Saya pikir kepribadian Anda berkembang melalui interaksi Anda dengan dunia. Namun, cukup jelas bahwa kita semua dilahirkan dengan perasaan yang sangat unik dan spesifik tentang siapa diri kita. Dalam kisah kami, setiap orang dilahirkan dengan jiwa," lanjut sutradara di balik animasi Pixar lain seperti Inside Out ini.

Joe Gardner merasa terjebak dalam dunia yang sama sekali berbeda dan ia bertekad untuk kembali ke bumi. Dalam perjalanannya, ia bekerja sama dengan jiwa yang ia temui bernama 22 yang tak pernah tertarik untuk terjun ke bumi untuk menjadi manusia seutuhnya.

Ada hal menarik di balik kisah film ini. Hal-hal itu menghidupkan gagasan sederhana yang dimiliki Pete Docter, sang sutradara, tentang pertanyaan apa yang menjadikan manusia memiliki kepribadian hingga tujuan hidup. Simak hal-hal menarik tersebut di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "10 Film Terbaik Menurut AFI 2021"
[Gambas:Video 20detik]