Mulan Tayang Hari Ini, Berikut Deretan Fakta Menariknya

Devy Octafiani - detikHot
Jumat, 04 Des 2020 12:39 WIB
Film Disney Mulan Tuai Kritik atas Isu Uighur dan Hong Kong
Liu Yifei bintangi film Mulan / Foto: DW (News)
Jakarta -

Film Mulan versi live-action sudah dapat disaksikan. Disney merilis film tersebut untuk penonton Asia lewat Disney+Hotstar.

Mulan diadaptasi dari animasi berjudul sama produksi Disney yang rilis di tahun 1998. Versi live-action Mulan disutradarai oleh Niki Caro.

Film ini menampilkan kisah epik sosok pejuang wanita asal China bernama Mulan. Ia diceritakan mempertaruhkan diri untuk membela keluarga dan negaranya.

Ketika Kaisar Tiongkok mengeluarkan dekrit bahwa satu orang per keluarga harus bertugas di Tentara Kekaisaran untuk mempertahankan negara dari penjajah yang datang dari utara, Hua Mulan, seorang putri sulung dari seorang pria mantan pejuang turun tangan untuk menggantikan ayahnya yang sakit.

Ia diceritakan menyamar sebagai seorang pria dan mengandalkan dirinya untuk dapat menjadi seorang pejuang.

Meski merupakan versi hidup dari animasinya, Mulan tak sepenuhnya murni mengadaptasi cerita lamanya. Ada perbedaan yang terdapat di live-action ini dari film animasinya terdahulu.

Di antaranya, live-action Mulan minus kehadiran sosok dewa pendamping yakni seekor naga yang dalam animasinya dikenal sebagai Mushu. Live-action ini juga menambahkan karakter baru dari kubu musuh yang dihadapi Mulan dalam cerita. Yakni sosok penyihir bernama Xianniang.

Film live-action Mulan menggandeng deretan aktris dan aktor di antaranya Liu Yifei sebagai Mulan, Donnie Yen sebagai Komandan Tung, Tzi Ma sebagai Zhou, Jason Scott Lee sebagai Böri Khan, Yoson An sebagai Honghui, Ron Yuan sebagai Sersan Qiang, dengan Gong Li sebagai Xianniang dan Jet Li sebagai Kaisar.

Film ini disutradarai oleh Niki Caro dari skenario oleh Rick Jaffa & Amanda Silver dan Lauren Hynek & Elizabeth Martin.

Ada sejumlah fakta unik di balik film live-action Mulan. Simak fakta-fakta tersebut di halaman berikutnya.



Simak Video "Komentar Positif dan Kritik Warnai Debut Streaming 'Mulan'"
[Gambas:Video 20detik]