Tanggapan Joko Anwar Perempuan Tanah Jahanam Raih 17 Nominasi FFI

Devy Octafiani - detikHot
Minggu, 08 Nov 2020 12:03 WIB
Perempuan Tanah Jahanam
Foto: (dok.Perempuan Tanah Jahanam)
Jakarta -

Ajang Festival Film Indonesia (FFI) bakal kembali digelar tahun ini. Ada 21 nominasi yang sudah diumumkan.

Dari keseluruhan nominasi tersebut, film horor Perempuan Tanah Jahanam mendominasi nominasi yang ada. Film tersebut masuk dalam jumlah nominasi terbanyak yakni sebanyak 17 nominasi.

Menanggapi pencapaian ini, Joko Anwar sang sutradara memberikan tanggapannya. Ia menilai pencapaian ini merupakan apresiasi bagi para tim di balik film ini.

"Saya senang para pemain dan kru Perempuan Tanah Jahanam yang memang sudah memberikan yang terbaik dapat penghargaan dari sesama sineas yang tergabung dalam asosiasi film yang menjadi juri," ungkap Joko lewat pesan singkat kepada detikcom, Minggu (8/11/2020).

Tak banyak film horor yang mendapat ruang di ajang penghargaan kompetisi film. Hal ini pun menjadi pencapaian tersendiri bagi Joko Anwar.

"Ini nominasi Piala Citra terbanyak sepanjang sejarah Indonesia. Ini juga membuktikan bahwa film apapun genre-nya, termasuk horor, bisa dikerjakan secara sungguh-sungguh menghasilkan hasil yang baik," tuturnya lagi.

Perempuan Tanah Jahanam masuk di sejumlah nominasi di kategori teknis film di antaranya Sinematografi Terbaik juga Penyunting Gambar Terbaik.

Selain itu, film ini juga menempatkan para aktornya di nominasi-nominasi besar di antaranya Sutradara Terbaik, Film Panjang Terbaik hingga Pemeran Utama Pria dan Wanita Terbaik yang mencantumkan nama Ario Bayu juga Tara Basro.

Festival Film Indonesia tahun ini akan digelar pada 5 Desember 2020. Ada 53 film yang terkumpul dan disaring untuk dimasukkan ke dalam nominasi tahun ini.

Perempuan Tanah Jahanam sendiri menjadi film yang meraih nominasi terbanyak di ajang FFI setelah ada sebelumnya Pengabdi Setan yang meraih 13 nominasi. Film horor itu juga disutradarai Joko Anwar.



Simak Video "Kantongi 17 Nominasi FFI 2020, Joko Anwar: Penghormatan Sangat Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/wes)