Oscar Terapkan Aturan Baru Libatkan LGBT dan Kulit Berwarna

Devy Octaviany - detikHot
Kamis, 10 Sep 2020 08:07 WIB
Oscar 2020
Ada aturan baru pada Oscar 2020. Foto: dok detikHOT
Jakarta -

Ajang penghargaan Oscar menerapkan aturan baru berkaitan dengan kesetaraan ras hingga gender. Aturan ini telah diumumkan secara resmi.

Academy Awards menyelipkan kriteria untuk memastikan keterlibatan kaum LGBT, perempuan, kelompok atau ras kulit berwarna hingga penyandang disabilitas di ajang penghargaan tersebut.

Aturan dan kriteria baru ini menjadi tanggapan dari Academy Awards terhadap kritik yang menyebut Oscar selama ini dinilai tak beragam. Kritik tersebut bahkan diikuti dengan sebutan #OscarSoWhite yang bergaung tiap tahunnya.

"Standar ini dirancang untuk mendukung keberagaman baik di depan maupun di belakang layar," bunyi pernyataan resmi dari Academy Awards.

Academy Awards berkaca dari British Film Institute yang menerapkan standar keberagaman pada ajang penghargaan film di Inggris seperti BAFTA.

"Kami meyakini standar inklusi ini akan menjadi katalis yang berumur panjang, sebuah hal yang mendasar untuk perubahan di industri ini," tulis presiden Academy Awards, David Rubin.

Standar baru ini akan diterapkan di ajang Oscar 2024 untuk nominasi Best Picture. 30 persen aktor yang terlibat dalam sebuah film minimal harus mewakili kaum minoritas dari ras maupun gender. Atau salah satu dari aktor utama atau aktor pendukung merupakan aktor berdarah etnis atau ras tertentu.

Namun tak semua sepakat akan aturan baru Oscar ini. Salah satu kritik menyebut Academy Awards mengatur berlebihan sebuah seni.

Selain sering dianggap pro terhadap aktor atau sineas kulit putih, Oscar juga sempat menerima kritik karena dianggap tak memberi ruang pada perempuan. Hal ini bergaung di ajang tahun ini.

Oscar sempat dikritik ketika tak memberi tempat pada sutradara perempuan, Greta Gerwig di nominasi sutradara terbaik yang didominasi pria tahun ini. Meski begitu, Oscar agaknya menjawab soal keberagaman yang banyak dipertanyakan.

Sutradara asal Korea Selatan, Bong Joon-Ho diganjar piala unggul dari deretan sutradara terbaik di antaranya Martin Scorsese juga Sam Mendes di nominasi Best Director Oscar 2020.



Simak Video "Jadi Transgender, Oscar Lawalata Sudah Operasi Kelamin?"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/wes)