Pakai Masker Jadi Aturan Utama Protokol Produksi Film di Era New Normal

Devy Octafiani - detikHot
Jumat, 29 Mei 2020 15:46 WIB
Ilustrasi Streaming Film
Foto: shutterstock
Jakarta -

Pandemi Corona berimbas pada era baru di berbagai sektor kehidupan. Banyak yang akan berubah termasuk proses syuting dalam produksi sebuah film.

Perfilman Indonesia kini tengah menyiapkan aturan dalam bentuk protokol keselamatan bagi para pekerja film. Aturan utama yang diusulkan yakni kewajiban memperhatikan kesehatan lewat penggunaan masker.

"Kalau yang umum kayak pakai masker udah pasti (diterapkan). Ada juga yang spesifik-spesifik juga kayak kegiatan produksi termasuk hal-hal kayak makeup dan segala macam," ungkap produser Chand Parwez Servia yang ambil bagian dalam proses penggodokan protokol tersebut.

Baca juga: Sambut New Normal, Industri Film Indonesia Siapkan Protokol Keselamatan

Pandemi virus Corona belum dapat diprediksi ujungnya hingga vaksin ditemukan. Protokol yang disusun harus seideal mungkin namun tetap bisa diperbarui.

"Kita harus bikin seideal mungkin. Sambil kita terus memperbaiki, melengkapi apa yang harus kita lakukan karena kita belum tahu sebulan ke depan akan seperti apa," imbuh Chand Parwez.



Aturan ini dibahas antara para pekerja film Indonesia yang tergabung dalam Badan Perfilman Indonesia dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.



Simak Video "Penampakan Antrean Ambulans Pembawa Pasien Corona di India"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/imk)