detikHot

movie

Komik 'Gundala' Capai Setengah Abad, Filmnya Siap Hadir Tahun Ini

Rabu, 27 Feb 2019 13:47 WIB Devy Octafiani - detikHot
Foto: (dok.screenplay) Foto: (dok.screenplay)
Jakarta - 'Gundala' menjadi film yang dijadwalkan tayang di tahun 2019. Film yang digarap Joko Anwar ini komiknya genap berusia 50 tahun di tahun ini.

Menarik ke belakang, komiknya yang berjudul 'Gundala Putra Petir' dirilis perdana di tahun 1969.

Karakter Gundala diciptakan oleh Harya Suraminata (Hasmi). Mengadaptasi perkembangan komik asing, Hasmi membuat 'Gundala' dengan kearifan lokal.


Lewat keterangan yang diterima detikHOT, kisah Gundala tak melulu terpengaruh komik luar. Hasmi terinspirasi dari tokoh legenda Jawa, Ki Ageng Selo.

Ki Ageng Selo merupakan sosok sakti yang mampu menangkap petir dengan tangannya. Nama 'Gundala' sendiri diambil dari bahasa Jawa 'Gundolo' yang artinya petir.

Di masa kejayaannya, Gundala sempat juga muncul dalam film. Dirilis di tahun 1981, Gundala diperankan oleh Teddy Purba. Kini di masa sekarang Gundala diperankan oleh Abimana Aryasatya.



Sentuhan Joko Anwar akan menampilkan Gundala sedikit berbeda dari yang dikenal selama ini. Namun sosok jagoan yang selalu membela masyarakat masih tetap akan menjadi sajian utamanya.

'Gundala' dijadwalkan tayang pertengahan 2019. Film ini digarap oleh rumah produksi Screenplay Pictures dan Bumilangit Studios bersama Legacy Pictures.
(doc/nkn)


Photo Gallery

screenshoot-movie

.
.

screenshoot-movie

.
.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com