detikHot

main-stage

Lika-liku JFlow Dapatkan Izin Daur Ulang 'Poco Poco'

Rabu, 10 Jul 2019 12:48 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - JFlow baru saja merilis versi baru dari 'Poco Poco' dengan judul 'Poco Poco (Best Dance of Our Lives)'. Menurut JFlow, penggarapan lagu ini bukanlah hal yang mudah.

Ide menggarap ulang lagu itu tercetus sejak 2017. Sayangnya, jalan yang ia tempuh untuk menggarap lagu tersebut tak selalu mulus.

Untuk mendapatkan izin mendaurulang lagu tersebut dari penulis aslinya, Arie Sapulette, JFlow harus bersabar hingga kurang-lebih satu tahun.


"Jadi penulis aslinya, Om Arie Sapulette sedang dalam keadaan sakit selama 18 tahun, sehingga dia tidak dianggap fit secara hukum untuk sign agreement," terang JFlow kepada detikHOT.

Akhirnya, JFlow pun bertekad untuk mengusahakan proses perizinan terlebih dahulu sebelum benar-benar mengerjakan lagunya.

"Gue nggak suka yang beresin izin belakangan, jadi kalau dia belum sign resmi, gue nggak mau rilis. Nah untuk dapetin sign-nya, dia secara hukum tidak anggap sehat jasmani dan rohani," kisah JFlow.

Lika-liku JFlow Dapatkan Izin Daur Ulang 'Poco Poco'Foto: Asep Syaifullah/detikHOT



Setelah menunggu sekian lama, akhirnya Arie Sapulette menunjuk perwakilan keluarga untuk menandatangani izin untuk JFlow tersebut.

"Akhirnya dia menunjuk keluarga sebagai perwakilan dia, terus tanda tangan di atas materai, dibikinin draft kontrak, kami sepakat dari awal ingin memberikan advance royalty, kami mau memulai ini dengan benar dan menghargai karyanya lah," ungkapnya.

[Gambas:Video 20detik]


Meski proses mendapatkan izin mendaurulang lagu tersebut terbilang sulit, namun JFlow tidak patah semangat karena dari awal dia sudah memiliki niatan yang kuat mengenai lagu itu.

"Karena 'Poco Poco' ini selalu muncul di kepala, padahal gue punya beberapa lagu yang belum dirlis, tapi harus ini. Gue sampai di titik, apapun yang diminta, gue usahain deh," ceritanya.

'Poco Poco' sebelumnya dipopularkan oleh Yopie Latul. Dalam versi barunya, JFlow mengganti cerita lagu tersebut menjadi cerita mengenai keseharian masyarakat Maluku.





Simak Video "JFlow Pamer Keindahan Maluku dan Rilis Poco-poco versi Hip-hop"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com