K-Popers Ngeluh Nonton Konser Makin Ribet: Kayak Ospek!

ADVERTISEMENT

Speak Up

K-Popers Ngeluh Nonton Konser Makin Ribet: Kayak Ospek!

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 13 Sep 2022 16:20 WIB
Boyband asal Korea Selatan, NCT Dream, tampil dalam Allo Bank Festival 2022, di Istora Senayan. Penggemar pun menyambut dengan antusias, Jumat, 20/5/2022.
(Foto: Rafida Fauzia) Promotor membuat peraturan demi kelancaran dan kenyamanan buat penonton. Tapi kalau ada kritik yang ingin kamu sampaikan soal peraturannya, tulis di sini!

Kritik soal ticketing juga ditujukan untuk promotor Dyandra Global meski penjualan tiket konser NCT 127 belum dilakukan. Berdasarkan dari pengalaman penjualan tiket konser terdahulu, ada banyak sekali kendala yang terjadi di sisi fans saat penjualan tiket. Selain server loket penjualan tiket yang selalu down di saat penjualan dibuka, proses pembayaran yang lamban, serta tidak adanya sistem antrean dalam situs penjualan tiket juga jadi masalah. Traffic yang berlebihan pada situs penjualan tiket membuat akses transaksi terhalangi sehingga fans sulit mendapatkan tiket sesuai kategori yang mereka inginkan. Hal ini terjadi saat konser The EXplOration grup EXO yang digelar tahun 2019.

Isu penggunaan bot juga sempat ramai di Twitter saat penjualan tiket konser Be The Sun grup SEVENTEEN beberapa waktu lalu. Konser ini juga dipromotori oleh Mecimapro.

Selain itu, ada pula beberapa kebijakan yang dinilai terlalu membuang-buang waktu. Seperti salah satunya adalah proses penukaran tiket yang disarankan dilakukan H-1 acara. Promotor menyarankan agar fans melakukan penukaran tiket tidak pada hari H konser untuk menghindari kerumunan. Namun para praktiknya hal ini tidaklah semudah itu. Lokasi penukaran tiket dan lokasi konser biasanya ada di tempat yang sama. Untuk lokasi seperti ICE BSD misalnya, meski aksesnya sudah sangat mudah dengan berbagai transportasi publik, namun terlalu waktu yang dihabiskan untuk menuju ke lokasi di hari penukaran tiket, pulang, lalu kembali lagi esok hari buat menonton.

NEW YORK, NY - MAY 15: Fans wait for K-Pop group BTS to take the stage in Central Park, May 15, 2019 in New York City. Fans waited in line for days to see the group perform as part of ABC's 'Good Morning America' summer concert series. (Photo by Drew Angerer/Getty Images)Fans K-Pop menunggu di konser. Foto: Drew Angerer/Getty Images

Hal ini tentu saja di luar hal-hal tidak terduga yang mungkin saja terjadi di hari H konser. Tidak adanya nomor antrean di lokasi membuat fans berebut untuk mendapat tempat terdepan. Tidak ada jaminan nomor antrean membuat mereka khawatir tidak bisa mendapatkan tempat terbaik sehingga mungkin saja terjadi desak-desakan. Memang ada beberapa konser yang digelar kedua promotor menggunakan nomor antrean pada hari H. Namun efektivitas dari nomor antrean tersebut masih jauh dari harapan fans pada umumnya.

Kondisi yang sangat berbeda dengan konser-konser K-Pop yang dilakukan di Singapura:

1. Sistem penjualan tiket menggunakan sistem antrean sehingga akses ke situs penjualan sangat bersahabat dan terhindar dari overload traffic,
2. Setelah tiket dibeli, ada pilihan untuk mencetak tiket sendiri di rumah, sehingga di hari H konser, fans hanya tinggal langsung antre tanpa perlu ke loket buat penukaran tiket,
3. Ada nomor antrean di venue sehingga fans tahu harus berdiri di mana dan tidak berdesak-desakan.

Promotor membuat peraturan sejatinya demi kelancaran dan kenyamanan buat penonton. Bagaimana menurut kamu? Kritik apa yang ingin kamu sampaikan kepada pihak promotor konser K-Pop terkait beberapa peraturan yang sudah dijabarkan di atas?

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar ya!


(aay/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT