K-Popers Ngeluh Nonton Konser Makin Ribet: Kayak Ospek!

ADVERTISEMENT

Speak Up

K-Popers Ngeluh Nonton Konser Makin Ribet: Kayak Ospek!

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 13 Sep 2022 16:20 WIB
Boyband asal Korea Selatan, NCT Dream, tampil dalam Allo Bank Festival 2022, di Istora Senayan. Penggemar pun menyambut dengan antusias, Jumat, 20/5/2022.
(Foto: Rafida Fauzia) Promotor membuat peraturan demi kelancaran dan kenyamanan buat penonton. Tapi kalau ada kritik yang ingin kamu sampaikan soal peraturannya, tulis di sini!

Selain tiga peraturan umum di atas, promotor Mecimapro punya satu aturan tambahan soal tas. Mecimapro hanya memperbolehkan tas berukuran kecil yang terbuat dari PVC atau material transparan lainnya. Dalam aturan soal tas yang diunggah ke media sosial mereka, Mecimapro mengumumkan bahwa "ransel dan semua tas yang tidak terbuat dari PVC atau tidak bermaterial transparan tidak diperbolehkan masuk". Mereka juga menambahkan bahwa "tas berukuran besar tidak boleh dibawa ke arena konser dan harus dititipkan di tempat penitipan barang".

Satu peraturan baru yang dibuat Mecimapro untuk konser Super Junior - Super Show 9: Road in Jakarta adalah soal fan project. Biasanya dalam setiap konser, fans secara kolektif melalui perwakilan yang akrab disapa dengan 'Union' akan membuat sebuah proyek untuk grup yang tampil. Proyek-proyek dalam skala yang lebih kecil biasanya dilakukan oleh fanbase dari member tertentu. Project bisa berupa apa saja mulai dari rangkaian cahaya, nyanyian selamat ulang tahun (serta kue kalau diperbolehkan), atau handbanner khusus untuk lagu-lagu tertentu. Namun Mecimapro kini melarang semua fan project tersebut karena satu alasan: percaloan.

"Kami menemukan banyak tiket yang ditawarkan lewat aktivitas tidak resmi dan aktivitas fans yang tidak diinformasikan sebelumnya. Tiket Super Show 9: Road in Jakarta hanya bisa dibeli di loket tiket resmi agar fans terhindar dari penipuan. Oleh karena itu, kami memutuskan tidak akan ada fan project di Super Show 9: Road in Jakarta yang diatur oleh fanbase. Fanbanner akan disiapkan oleh kami, promotor. Terima kasih," tulis Mecimapro dilihat Selasa (13/9/2022).

Konser THE BOYZ di JakartaKonser THE BOYZ di Jakarta Foto: (dok. Dinda Islami/detikcom)

Peraturan-peraturan yang dibuat promotor mendapat reaksi beragam dari para penggemar. Soal fan project misalnya, dirasa terlalu berlebihan.

"Wah, saya berharap mereka paling tidak bertanya ke ELF Indonesia saran soal pesan apa yang ingin mereka sampaikan ke Super Junior lewat fan banner. Konser ini kan buat fans, bukan buat promotor," tulis salah satu akun fans Leeteuk Super Junior.

Di luar peraturan umum yang selalu ada, peraturan tas PVC hingga pelarangan fan project tidak membuat semua fans senang. Kewajiban menggunakan tas PVC misalnya harus membuat budget mereka bertambah untuk nonton konser.

"Konser rasa ospek!" tulis akun @ri*****.

"Ini gue mau konser apa ospek sih, banyak banget aturannya? Nggak sekalian pakai nametag gambar bunga matahari?" tulis akun @bvl*****.

"Ribet!" tulis akun yang lain.

Pelarangan fan project yang diatur fanbase dirasa menghalangi ungkapan rasa cinta besar fans terhadap artis idola mereka yang sudah lama mereka nantikan. Di luar itu, masalah-masalah lain yang terjadi dan hanya dibahas di kalangan fans adalah soal sistem ticketing.

Banyak kritik yang ditujukan kepada Mecimapro soal sistem ticketing mereka terutama buat fans yang sudah membayar menjadi MCP Member. Ada fans menyebut harga yang harus dibayar untuk membership tidak setimpal dengan benefit yang didapatkan. Selain jumlahnya yang terbatas, mereka tetap harus rebutan juga untuk mendapatkannya meski sudah membayar uang member.

"Daftar membership Rp 750 ribu tapi tetep nge-war (perang, rebutan tiket), tidak jaminan dapet section yang dimau," tulis salah satu akun Twitter @_xd******.

Fans kritik soal server ticketing dan tidak adanya nomor antrean (di halaman selanjutnya)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT