ADVERTISEMENT

5 Lagu K-Pop Rilisan Tahun 1998 dari Shinhwa hingga Fin.K.L

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 26 Feb 2022 06:30 WIB
Shinhwa
(Foto: dok. SM Entertainment) Gara-gara Twenty-Five Twenty-One, jadi lihat-lihat grup K-Pop di tahun 1998. Intip nih sederet lagu hits di masa itu!
Jakarta -

Tren budaya populer Korea Selatan di tahun 1998 tengah menjadi sorotan berkat drama Korea Twenty-Five Twenty-One. Sederet remaja pemeran utama dalam drama Korea tersebut menjalani hari-hari mereka di era tahun tersebut.

Dalam drama Korea tvN itu, Korea Selatan dikisahkan tengah dilanda krisis sehingga banyak orang mengalami kesulitan ekonomi. Namun di tengah kesulitan itu, budaya populer tetap mencuat sebagai bentuk hiburan. Komik Full House yang kemudian di tahun 2000-an diadaptasi ke drama Korea sedang digandrungi.

Karakter Na Hee Do (diperankan oleh Kim Tae Ri) dan Ko Yu Rim (diperankan oleh Bona) dikisahkan amat menyukai komik Full House. Mereka pernah rebutan untuk memiliki volume terbaru dari komik itu. Di dunia musik, nama Shinhwa mulai dikenal berkat debut mereka di tahun yang sama. Dalam drama, Hee Do dan Ji Woong (diperankan Choi Hyun Wook) terlihat menarikan koreografi lagu berjudul The Solver.

Kini K-Pop sudah jadi genre musik yang mendunia dan grup idola sudah berada di generasi 4. Jauh sebelum nama-nama seperti aespa, STAYC, DRIPPIN, dan TREASURE diperkenalkan, sederet penyanyi di generasi pertama K-Pop sudah populer di sana. Berikut ini lagu-lagu hits mereka:

1. Resolver - Shinhwa

[Gambas:Youtube]

Shinhwa debut di bawah manajemen SM Entertainment pada tahun 1998, menyusul dua grup seniornya dari manajemen yang sama yaitu H.O.T dan S.E.S. The Solver (atau dikenal juga dengan judul Resolver) merupakan lagu debut mereka yang dirilis 9 Mei 1998. Performa lagu ini di chart terbilang tak terlalu baik karena rupanya saat debut, Shinhwa masih dibayang-bayangi oleh popularitas H.O.T. Grup ini baru mencapai kesuksesan beberapa album setelahnya.

2. Blue Rain - Fin.K.L

[Gambas:Youtube]


Tak mungkin bisa membicarakan K-Pop tanpa Fin.K.L. Grup yang digawangi oleh Lee Hyori, Ock Joo Hyun, Lee Jin, dan Sung Yu Ri ini adalah saingan berat S.E.S pada masanya. Debut di tahun 1998, Fin.K.L membawakan lagu berjudul Blue Rain yang dirilis bersama album dengan judul sama. Album ini meledak di pasaran pada saat itu dengan penjualan hamipr 300 ribu kopi sepanjang perilisan hingga Agustus 1998.

3. Road Fighter - SechsKies

[Gambas:Youtube]


Kalau Fin.K.L adalah saingan S.E.S, maka SechsKies kerap kali disandingkan sebagai pesaing utama H.O.T pada masanya. Mereka debut di tahun yang sama dengan H.O.T dan comeback dengan album berjudul Road Fighter pada Juli 1998. Coba deh dengarkan lagunya, mungkin kamu akan suka!

4. Ya Ya Ya - Baby V.O.X

[Gambas:Youtube]


Baby V.O.X debut di tahun 1997 dan meniti karier dari bawah sebelum akhirnya mulai sukses di tahun 1999. Setahun sebelum mereka mencapai titik balik dalam kariernya, Baby V.O.X sempat merilis album berjudul Baby V.O.X. II pada 15 September 1998. Grup ini mengalami bongkar pasang member di tahun-tahun awal sebelum akhirnya aktif dengan lima member yaitu Kim EZ, Lee Hee Jin, Shim Eun JIn, Kan Mi Youn, dan Yoon Eun Hye.

5. Love Forever - Turbo

[Gambas:Youtube]

Turbo adalah grup senior di K-Pop yang digawangi Kim Jong Kook dan Kim Jung Nam sebelum akhirnya Mikey bergabung. Grup ini masih aktif hingga saat ini dengan formasi tiga member. Debut di tahun 1995, Turbo rutin merilis album hingga tahun 2001 sebelum akhirnya mengumumkan bubar. Di tahun 1998, mereka merilis album berjudul Perfect Love yang terjual lebih dari 500 ribu kopi sejak perilisan di Oktober 1998 hingga Januari 1999.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT